Babinsa Dan Petugas Damkar Amankan Ular Piton Masuk Rumah Warga

Babinsa Dan Petugas Damkar Amankan Ular Piton Masuk Rumah Warga

Salo – Babinsa Koramil 01/Bkn Kodim 0313/Kpr Sertu B Waruwu  dan petugas Damkar Kab. Kampar berhasil mengevakuasi ular pitong sepanjang 2,5 meter di dusun koto bangun desa Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar, Rabu (29/03/2023)

Penemuan ular piton sepanjang 2,5 meter yang masuk ke halaman rumah warga di Desa Salo ini membuat masyarakat kurang yaman. Pasalnya, keberadaan ular jenis piton itu dianggap membahayakan ternak dan warga sekitar menelepon petugas pemadam kebakaran dan Babinsa untuk menangkapnya.

Diduga ular piton tersebut keluar dari semak-semak belukar tak jauh dari rumah warga. Mereka khawatir jika dibiarkan akan membahayakan anak-anak yang sering main di halaman rumah.

“Ular ini kemungkinan besar keluar dari semak-semak bersarang di sana. Karena cuaca panas dia kemungkinan lapar dan mencari makan keluar dari sarang, tadi sudah lewat dari halaman rumah,” kata salah seorang warga di sana.

Satu regu petugas pemadam kebakaran Kab. Jampay dan Babinsa yang datang begitu mendapat laporan tersebut langsung menyisir lokasi halaman rumah warga tempat diduga ular piton itu bersembunyi. Proses penangkapan dilakukan dengan tangan kosong melibatkan beberapa orang. Ular tersebut memang sembunyi di antara semak-semak.

“Benar, berhasil kita evakuasi ini ular piton setelah diukur panjangnya sekitar 2,5 meter,” kata kepala regu Damkar

Piton yang ditangkap tersebut kata dia sementara dikandangkan dulu sebelum akhirnya nanti akan dilepasliarkan ke habitat aslinya.

Penangkapan piton masuk pekarangan rumah warga ini telah sering dan bukan kali pertama dilakukan oleh petugas damkar.

Sebelumnya, ular piton sepanjang 4 meter ditemukan warga di Desa salo. Warga setempat kemudian berusaha mengevakuasi dengan melakukan penangkapan. Pungkasnya.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank