Bersama Upika, Batuud Koramil 16/Tapung Sosialisasikan Karhutla Kepada Perangkat Desa dan Warga

Bersama Upika, Batuud Koramil 16/Tapung Sosialisasikan Karhutla Kepada Perangkat Desa dan Warga

Tapung Hulu,- Peltu Slamet Pardede Batuud Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar bersama Camat Tapung Hulu dan Kapolsek Tapung Hulu laksanakan Sosialisasi Waspada (Karhutla) kebakaran hutan dan lahan kepada Perangkat Desa dan masyarakat bertempat di aula Kantor Desa Sumber Sari, Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Jumat (13/10/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tapung Hulu bapak Wira Sastra S.STP. M.Si beserta Staf kantor Camat, Kapolsek Tapung Hulu AKP Nurman SH.MH, Danpos Peltu Suriadi, Batuud Peltu Slamet Pardede, BPBD Kab. Kampar bapak Candra Lukita SE.MM, Perwakilan Perusahaan, Para Kades se Kecamatan Tapung Hulu dan tamu undangan.

Batuud mengatakan sosialisasi ini adalah bentuk konkret dari kerja sama lintas sektor dalam menjaga keamanan dan keberlanjutan lingkungan. Koramil dan Polsek berperan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla, baik bagi kesehatan manusia maupun lingkungan. Mereka menjelaskan bagaimana kebakaran hutan dan lahan dapat berdampak pada polusi udara, hilangnya habitat hewan, dan bahkan kerugian ekonomi," kata Batuud.

Batuud juga mengatakan Aparat Desa berperan dalam mengingatkan masyarakat tentang peran mereka dalam mencegah Karhutla. Ini termasuk melaporkan aktivitas mencurigakan, tidak melakukan pembakaran terlarang, dan membantu dalam upaya pemadaman jika diperlukan," tambah Batuud.

Selama sosialisasi, dijelaskan pentingnya kerja sama antara masyarakat, aparat desa, dan pihak berwenang dalam menghadapi Karhutla. Masyarakat juga diajarkan cara melaporkan kebakaran atau aktivitas mencurigakan kepada pihak berwenang," pungkas Batuud

Sosialisasi Waspada Karhutla bukan hanya sekadar penyampaian informasi, tetapi juga merupakan upaya konkret dalam mencegah dan mengurangi risiko Karhutla. Melalui pendidikan dan kesadaran masyarakat, diharapkan Indonesia dapat mengatasi tantangan ini dengan lebih efektif dan menjaga lingkungan alam yang berharga bagi generasi mendatang dengan bekerja keras dalam menjaga keberlanjutan lingkungan," tutup Batuud.

 

 

Editor : Ank