Desa Sari Galuh di Kukuhkan Danramil 16/Tapung Sebagai Kampung Pancasila

Desa Sari Galuh di Kukuhkan Danramil 16/Tapung Sebagai Kampung Pancasila

Tapung - Kapten Arm Alza Septendi Danramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar beserta Babinsa bersama Upika, perangkat Desa dan warga masyarakat melaksanakan pengukuhan dan peresmian serta pembentukan Kampung Pancasila di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Sabtu (13/08/2022).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Danramil dan Peresmian turut dihadiri Camat Tapung bapak Sofiandi SE. ME, Kapolsek Tapung AKP Ihut, Kades Sari Galuh bapak Budi Siswo Utomo, anggota FKPPI, Pemuda Pancasila, Banser, tokoh masyarakat, siswa SDN 26, SMPN 1, SMAN 2 dan para undangan.

Danramil mengatakan Pendirian Kampung Pancasila sesuai dengan instruksi dari Komando Atas, untuk membentuk Kampung Pancasila di tiap-tiap Koramil dengan tujuan untuk mengingat kembali dan meningkatkan jiwa luhur Pancasila sebagai dasar negara.

“Sedangkan pemilihan Desa Sari Galuh sebagai Kampung Pancasila, dikarenakan warga masyarakatnya masih memegang teguh nilai-nilai Pancasila seperti kerukunan antar umat beragama dan tingginya jiwa gotong-royong,” ucap Danramil.

Lebih lanjut diungkapkannya, di Kampung Pancasila ini nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan positif seperti poskamling, kebun toga/apotek hidup disekitar lingkungan rumah serta mengaktifkan kembali kegiatan olah raga seperti voli, karate dan kegiatan seni budaya lokal seperti tarian adat," pungkas Danramil.

Sementara itu, bapak Budi Siswo Utomo Kepala Desa Sari Galuh mengatakan, bahwa pihak pemerintahan dan masyarakat sangat mendukung pembentukan Kampung Pancasila di desanya tersebut. Untuk itu, dirinya berharap kerjasama dan kepedulian masyarakat, sehingga Kampung Pancasila di desanya terealisasi sesuai yang diharapkan.

“Awalnya tidak mudah dalam mendirikan sebuah Kampung Pancasila, tapi berkat kerja sama dengan pihak Koramil dan kita terus memberikan sosialisasi, alhamdulillah Kampung Pancasila dapat terealiasi berkat dukungan penuh masyarakat yang masih mencintai Pancasila,” ujar Kades.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank