GenRe se Riau Sosialisasikan Remaja Berkualitas di Arena CFD

GenRe se Riau Sosialisasikan Remaja Berkualitas di Arena CFD

 

Pekanbaru, homeriau.com - Generasi Berencana (Genre) se Provinsi Riau mensosialisasikan remaja berkualitas sebagaimana sosialisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dicanangkan pemerintah, di arena Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendeeraan di Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Minggu (11/2/2018).


Berbagai aksi yang dilakukan tujuannya mengkampanyekan agar remaja harus bisa menunda usia perkawinan atau menghindari menikah usia dini. Melawan prilaku hidup yang tidak sehat seperti menggunakan Narkotika dan berbagai aksi sosialisasi dalam rangka mewujudkan remaja yang berkualitas.

 

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Riau, Agus Putro Proklamasi di sela-sela acara GenRe on Car Free Day di Diponegoro dan Gajah Mada Pekanbaru menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan rangkaian acara temu kerja Forum Generasi Berencana (FGB) yang ditaja BKKBN Perwakilan Provinsi Riau.


“Kepada semua pihak hendaknya ikut terus meningkatkan kesinergisan untuk mencerdaskan kehidupan berbagsa dan bernegara, sehingga selaku penyelenggara kegiatan Genre di Car Free Day ini yang dikemas dalam  berbagai bentuk acara, untuk membentuk kepengurusan baru dan membahas program kerja.

 


"Saya ajak mereka itu menjadi model perubahan, jadi anak remaja harus menjadi agen perubahan. Kita sudah bekerjasama dengan BNNP untuk penanggulangan penyalahgunaan Narkoba.


"GenRe juga memiliki lembaga yang disebut Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) yang sudah berdiri di Kelurahan serta Sekolah. Jadi sosialisasi ini, masyarakat bisa mengetahui program GenRe," ungkapnya.


Program GenRe yang digalakkan juga mengkampanyekan kepada semua pihak dalam rangka menciptakan genersasi emas pada tahun 2035.


"BKKBN akan getol mengampanyekan GenRe kepada masyarakat. Salah satunya saat berlangsungnya Car Free Day ini, diisi dengan berbagai bentuk hiburan, di antaranya senam pagi bersama pengunjung, tarian tradisional, bagi-bagi hadiah, pertunjukan dan lainnya," katanya.


Diakui, remaja dan dewasa muda harus diberikan pemahaman mengenai pendewasaan usia perkawinan, kesehatan reproduksi remaja (KRR), TRIAD KRR yang terdiri dari risiko HIV/AIDS, NAPZA, dan seksualitas.


"Kita akan mempersiapkan program kerja dipersiapkan untuk ajang kreatif tingkat nasional. Jadi itu juga menjadi pembahasan yang dilakukan. Namun saya sudah sampakan bahwa tema untuk tahun 2018 ini masalah ilmiah. Jadi kita menantang GenRe bisa menemukan karya ilmiah berdasarkan sumber daya yang ada di lingkungannya," ungkapnya.


Kegiatan GenRe mendapatkan banyak sambutan masyarakat, karena menampilkan berbagai atraksi, seperti teatrikal, aksi tari modern, dan berbagai kegiatan lain.hr/yl.

 

 

 

Editor : HomeRiau