Kunjungi Warga Binaan, Babinsa Sosialisasikan Cara Beternak Burung Puyuh

Kunjungi Warga Binaan, Babinsa Sosialisasikan Cara Beternak Burung Puyuh

Kampar - Dalam rangka meningkatkan kemandirian usaha kecil, Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/KPR Sertu Wirya kunjungi warga Desa Bukit Sakai yang berada di RT 02 RW 01 Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (22/11/2020).

Dalam kunjungan itu, Babinsa memberikan motivasi kepada pengusaha ternak burung puyuh supaya lebih giat dalam menata usaha peternakan mulai dari cara

Perawatan pemberian pakan dan kebersihan kandang.

Babinsa Sertu Wirya, berbekal pengalamanya dibidang peternakan burung puyuh yang menekuni usaha ternak burung puyuh selama 5 tahun hasilnya sangat memuaskan dan ingin membagi pengalamannya kepada warga binaan.

Dalam sosialisasinya Sertu Wirya menyampaikan perawatan untuk perternakan burung puyuh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya kebersihan kandang Pemberian pakan yang teratur serta pemberian paksin.

"Selain Itu burung puyuh yang berumur 20 hingga 25 hari  dipisahkan kedalam kandang tempat peneluran burung puyuh dari kandang pengembang biakan," jelasnya. 

Sarno (46) selaku Ketua kelompok ternak burung puyuh di Desa Bukit Sakai mengakui jika perternak burung puyuh petelor dan pedaging merupakan kegiatan yang menyenangkan baginya.

"Berternak burung puyuh juga merupakan kegiatan yang dapat menambah penghasilan yang menjanjikan.Dalam proses perawatan burung puyuh dari tahap mengembang biakkan hingga berumur 40 sampai 45 hari berjalan dengan baik," kata Sarmo. 

Pemilik ternak burung puyuh ini juga menyampaikan sebanyak 8.000 ekor burung puyuh yang dirawat sudah dapat menghasilkan sejumlah 6.000 butir telor setiap paginya. 

"Terimakasih kepada Pak Babinsa dan masyarakat serta seluruh pihak terkait yang telah memberikan dukungan dan motivasi semoga pada tahap berikutnya lebih banyak menghasilkan burung puyuh pedaging dan butir telor yang siap dipasarkan kepasar-pasar tradisional yang ada di Kecamatan Kampar Kiri Tengah dan sekitarnya," tutup Sarno.

Sumber : Pendim 0313/ Kpr

Editor : Ank