2 Napi Kabur dari Lapas Pekanbaru

2 Napi Kabur dari Lapas Pekanbaru

Pekanbaru, Homeriau.com - Dua orang narapidana (napi) kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pekanbaru. Mereka kabur dengan cara menodongkan pistol ke sipir.

"Iya benar ada kejadian itu," ucap Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto ketika dihubungi, Rabu (22/11/2017).

Dua napi yang kabur yaitu Satriandi alias Sandi (29) dan Nugroho alias Kecuk (25). Satriandi merupakan napi kasus pembunuhan berencana yang divonis 12 tahun penjara, sedangkan Nugroho terlibat kasus pencurian yang divonis 2,5 tahun.

"Satriandi ini yang menodongkan pistol ke petugas lapas," ucap Susanto.

Selain terlibat kasus pembunuhan, Satriandi disebut banyak pula terlibat kasus peredaran narkoba. Keduanya kabur hari ini pukul 16.40 WIB. "Keduanya kabur sekitar pukul 16.40 WIB," ucap Susanto.

Susanto menyebut sesaat sebelum kabur, kedua napi itu mendapat kunjungan. Dia menduga saat itulah pistol yang digunakan untuk mengancam petugas lapas diselundupkan.

"Sebelum kabur sore tadi, napi itu menerima kunjungan tamu temannya. Ada kemungkinan, saat itulah pistol diselundupkan ke dalam," kata Susanto. Kunjungan itu dilakukan pukul 11.00 WIB hingga 12.26 WIB. Ada 2 orang atas nama Resti dan Hasbi yang mengunjungi Satriandi.

Polisi menyebut Satriandi pernah terlibat kasus narkoba. Saat digerebek, Satriandi nekat kabur dengan terjun dari lantai 5 sebuah hotel. 

Saat itulah Satriandi mengalami patah di bagian kaki. Namun terkait kasus kepemilikan narkoba itu, Satriandi bebas setelah menunjukkan surat keterangan mengalami gangguan jiwa.

Belakangan, Satriand/i terlibat kasus pembunuhan berencana pada 7 Januari 2017. Korbannya Jodi Setiawan yang ditembak pada tengah malam di depan rumah warga. Penembakan ini terkait bisnis narkoba.

Usai membunuh, dia meninggalkan Riau. Tapi akhirnya dia ditangkap lagi di Sumatera Barat. Pada saat itu, Satriandi tampak berjalan tertatih karena kakinya pincang.

"Dia memang menodongkan pistol ke petugas lapas. Cuma kan dia berjalan juga susah. Inilah yang sedangkan kita selidiki, kenapa begitu mudah dia kabur dari Lapas Pekanbaru," Susanto.

Saat ini, polisi melakukan pengejaran terhadap kedua napi yang kabur itu. "Tim kita saat ini dibantu Polda Riau berada di Lapas Pekanbaru untuk menyelidiki kasus tersebut," kata Susanto.Hr/vie/dtc.

Editor :