Antisipasi Banjir Kiriman Babinsa Lakukan Pemantauan Debit Air Sungai Batang Sosah

Antisipasi Banjir Kiriman Babinsa Lakukan Pemantauan Debit Air Sungai Batang Sosah

ROKAN HULU, - Koramil 11/Tambusai melalui Babinsa Serda Syahrizal Nasution Babinsa Desa Sei Kumango lakukan pemantauan perkembangan keadaan air sungai batang sosah bersama dengan Kepala Desa (Kades) dan beberapa orang warga Dusun Kuala Tambusai  Desa Sei Kumango Kec. Tambusai Kab. Rokan Hulu Sabtu (26/12/2020) 

karena di wilayah tersebut ada beberapa titik yang selalu diperkirakan terjadi banjir kiriman dari hulu sungai yakni dari wilayah Kecamatan Huta Raja Tinggi (Huragi) Kab Padang Lawas Sumut. 

Dikarenakan keadaan cuaca sekarang ini sering tidak menentu, Komandan Koramil (Danramil) 11/Tambusai Kapten Inf Yuhardi memerintahkan Babinsa agar rutin  memantau dan meninjau ke lokasi daerah rawan terjadi banjir, 

pemantauan ini dilakukan mengingat intensitas curah hujan terkadang cukup  tinggi di hulu sungai batang sosah tepatnya diwilayah Kecamatan Huragi yang dapat menyebabkan debit air sungai batang sosah akan meningkat. 

Lebih lanjut Danramil 11/Tambusai mengatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan para Babinsa untuk terus memantau perkembangan situasi sekaligus membantu warga apabila terjadi banjir.

dan babinsa juga selalu berkoordinasi dengan Babinkamtibmas, Kepala Desa Sei Kumango serta Perangkatnya memastikan  langsung untuk keadaan ketinggian air di sungai batang sosah. 

Karena kalau banjir kiriman terjadi dapat mengakibatkan air sungai batang sosah meluap sampai ke permukiman warga, badan jalan dan areal pertanian sehingga bisa melumpuhkan perekonomian masyarakat. 

Alhamdulillah menurut pantauan babinsa, untuk ketinggian air masih keadaan kondisi siaga. namun babinsa harus tetap memantau dan terus melakukan komunikasi dengan sejumlah unsur terkait, sebagai antisipasi terhadap perkembangan situasi dan kondisi yang bisa saja berubah setiap saat, Tegas Danramil.

Sumber : Pendim 0313/Kpr

Editor : Ank