Antisipasi Banjir, TNI bersama Polri dan Masyarakat Bersihkan Drainase Pasar di Rokan Hulu

Antisipasi Banjir, TNI bersama Polri dan Masyarakat Bersihkan Drainase Pasar di Rokan Hulu

Rokan Hulu - Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, dibantu Polri, Pemda Rohul, Pemerintah Kecamatan dan Desa serta pengelola Pasar senin beserta masyarakat melakukan Karya Bhakti gotong royong pembersihan saluran drainase, Jumat (8/12/2023).

Kegiatan itu dilakukan dalam mengantisipasi banjir terjadi. Sebab, saat ini telah memasuki pada musim penghujan.

Mereka bergotong royong membersihkan saluran drainase yang dipenuhi tumbuhan, sampah rumah tangga dan bungkus plastik bekas pedagang. 

Pembersihan saluran drainase sepanjang 100 meter itu dilakukan dengan cara manual agar kembali berfungsi normal.

Danramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Kapten Arm Alza Septendi mengatakan kegiatan pembersihan drainase merupakan kepedulian TNI kepada warga sekitar.

'Pada pagi hari ini, kita melaksanakan karya bhakti pembersihan drainase agar mencegah terjadi banjir, kata Alza Septendi di lokasi kegiatan di Pasar Senin, Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah, Rohul, Jumat (8/12/2023).

Dia mengatakan, ada ratusan personil gabungan yang turun dalam melaksanakan kegiatan itu.

'Kita mengundang beberapa elemen, termasuk dari Polsek Rambah, Satpol PP Rohul, kecamatan, desa, DLH Rohul dan masyarakat yang di perkirakan 100 orang, tambahnya.

Alat-alat kebersihan, kendaraan pengangkut sampah hingga konsumsi untuk yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan dukungan dari warga yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Alza Septendi berharap, warga tidak lagi membuang sampah sembarangan karena nantinya akan terbawa ke saluran air.

Ditempat yang sama, Siaruddin (52) menaggapi kegiatan karya bhakti yang dilakukan TNI.

'Tanggapan kami sebagai masyarakat, sangat berterimakasih dimana dalam kebersihan ini kami senanglah melihatnya bersih, ungkap Siaruddin. 

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI.

'Kami sangat berterimaksih kepada bapak TNI yang telah bekerja sama membersihkan pasar ini. Kiranya kedepan pasar ini bersih supaya indah dipandang, tutupnya.

 

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank