Babinsa Kodim 0313/Kampar Dampingi Pengembangan Tanaman Hidroponik

Babinsa Kodim 0313/Kampar Dampingi Pengembangan Tanaman Hidroponik

Tapung Hulu,- Hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah dan hal ini sangat cocok pada area yang memiliki pasokan air yang terbatas terlebih saat musim kemarau tiba.

Babinsa Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar Sertu Tri Sugianto melaksanakan Komsos tentang cara pembuatan tanaman hidroponik di rumah bapak M. Iqbal warga Desa Rimba Jaya Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar. Rabu (16/09/2020).

Babinsa mengatakan kegiatan Komsos tersebut membahas tentang cara pembuatan tanaman hidroponik dengan menggunakan bibit Kangkung, bayam, sawi dan tanaman lainya dalam rangka melaksanakan program ketahanan pangan," katanya.

Babinsa menambahkan dengan sistem menanam hidroponik rumahan ini, tidak hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sayuran sehari hari, tetapi bisa juga berfungsi sebagai seni menjadi tanaman penghias rumah, lahan untuk menyalurkan kreativitas dan sebagai obat stres.

Setidaknya hanya dalam rentang waktu  25 - 40 hari sayuran sudah bisa panen," tambahnya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga juga ada sisi bisnis yang bisa diperoleh dari hidroponik, terutama di masa wabah corona ini," tutupnya.

Sumber : Pendim0313/KPR

Editor : HomeRiau