Babinsa Koramil 02 Rambah Bersama Dinsos Rohul Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Rumah

Babinsa Koramil 02 Rambah Bersama Dinsos Rohul Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Rumah

Rokan Hulu - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menyerahkan bantuan berupa sebako. Bantuan tersebut diserahkan langsung Plt Kepala Bidang Rehabilitas dan Perlindungan Sosial Barita Jaya Hasibuan, di Jalan Transmigrasi KM 6, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.

Adapun bantuan barang yang serahkan seperti, selimut, family, kasur, tenda gulung, makan siap saji, matras, kit ware, sandang bayi, sandang dewasa, lauk pauk siap saji, makanan anak.

Selain itu, peralatan dapur keluarga, beras premium, Minyak goreng, Gula pasir, sarden, mie instan.

Plt Kepala Bidang Rehabilitas dan Perlindungan Sosial Barita Jaya Hasibuan, berharap adanya bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat penerima bantuan.

'Atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, kami telah memberikan bantuan kepada warga yang terkena dampak musibah kebakaran, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi warga penerima bantuan, ujar Barita Jaya Hasibuan, Minggu (27/10/2022).

Seperti di ketahui, sebuah rumah yang terbuat dari papan di jalan transmigrasi Kilometer 6 Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, ludes terbakar rata dengan tanah. 

Ketika si jago merah mengamuk, pemilik rumah sedang belanja kepasar dan suami sedang bekerja di kebun.

Kebakaran yang melanda rumah Zukrianto (55) terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Api yang berkobar sangat besar dengan cepat menjalar dari bagian atas dan menjalar ke seluruh bagian rumah. 

Rumah sederhana itu berada terpincil di pinggir jalan transmigrasi Kilometer 6.

'Telah terjadi kebakaran sebuah rumah di Desa Suka Maju. Kami mendapat informasi dari Babinsa dan kami langsung meluncur ke TKP, ungkap Kasi Peralatan dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran Indra Zainuddin dilokasi kebakaran, Jumat (29/9/2023). 

Dia menambahkan, sedikitnya 2 truk pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. 

'Dua unit mobil Damkar kami kerahkan ke TKP dan kerugian di perkirakan seratus juta rupiah, tutupnya. 

Proses pembasahan berlangsung hingga sekitar pukul 10.56 WIB untuk mencegah api kembali muncul. 

Rumah yang ditinggali Zukrianto bersama istri dan anaknya itu rata dengan tanah.

Sementara itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Serda Dedy Novery Samosir mengatakan tentang kronologis kejadian kebakaran rumah warganya tersebut. 

'Saat itu, warga saya sedang kekebun dan sang istri sedang belanja ke pasar. Sekitar Pukul 10.00 wib, warga yang melintas di depan rumah warga saya melihat api sudah membesar terlihat dari atap rumah, selanjutnya warga melaporkan ke saya dan saya langsung menghubungi petugas damkar, kata Dedy Novery Samosir. 

Ia juga menambahkan, kejadian rumah warga terbakar diduga arus pendek. 

'Diduga arus pendek, tutup Dedy Novery Samosir.

 

 

Editor : Ank