Babinsa Koramil 08/Tandun, Dampingi Kelompok Pembudidayaan Perikanan Dengan Sistem Bioflok

Babinsa Koramil 08/Tandun, Dampingi Kelompok Pembudidayaan Perikanan Dengan Sistem Bioflok

Rokan Hulu - Babinsa Koramil 08/Tandun Kodim 0313/KPR, Serda R Simarmata bersama beberapa warga desa binaan yang tergabung dalam kelompok pembudidayaan perikanan dengan sistem Bioflok bertempat di Desa Puo Raya Kec. Tandun kab. Rohul Jumat(24/11/2023). 

Serda R. Simarmata mengatakan Budidaya perikanan saat ini menjadi tumpuan penting dalam menopang pembangunan perikanan nasional seiring dengan fenomena meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap sumber pangan dan gizi yang aman dikonsumsi bagi kesehatan, termasuk dalam upaya peningkatan katahanan pangan dan gizi masyarakat. 

"Dengan terus meningkatnya kebutuhan masyarakat atas sumber pangan tersebut diharapkan akan terus meningkat, khususnya dalam mewujudkan sub sektor budidaya perikanan sebagai ujung tombak dalam menggerakan perekonomian nasional dan ketahanan pangan masyarakat di desa Puo Raya".

Babinsa juga menyampaikan, "secara ekonomis Komoditas usaha pembudidayaan ikan lele dan nila sangat menguntungkan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi, tidak memerlukan pemeliharaan yang rumit, dan juga merupakan penghasil protein yang tinggi. Dengan demikian, kegiatan usaha pembudidayaan ikan lele dan nila sangat baik dilakukan untuk pemenuhan gizi masyarakat karena mudah dilakukan," terang Serda R. Simarmata.

Melalui penerapan beberapa teknologi yang adaptif, aplikatif, efektif, dan efisien guna mewujudkan perikanan budidaya yang berkelanjutan, kegiatan usaha pembudidayaan ikan lele dan nila dengan sistem bioflok merupakan salah satu alternatif usaha dan menjadi pilihan bagi masyarakat untuk berusaha dibidang pembudidayaan ikan.

Lanjutnya, pada sisi lain, ikan lele dan nila juga memiliki harga jual yang terjangkau oleh masyarakat serta mudah didapatkan di pasaran.

Babinsa Desa Puo Raya, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh warga kelompok perikanan ini dan akan terus melakukan pendampingan secara rutin untuk melihat perkembangan dan hasil dari pembudidayaan ikan lele dan nila ini. 

Semoga dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa, warga dapat saling berbagi informasi dengan Babinsa, sehingga Babinsa dapat mengetahui kendala atau permalasahan dalam pengelolaan budidaya ikan lele dan nila tersebut," pungkas Babinsa.

 

 

Editor : Ank