Babinsa Laksanakan patroli di kebun Masyarakat cegah karhutla

Babinsa Laksanakan patroli di kebun Masyarakat cegah karhutla

Rohul — Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Provinsi Riau pada saat musim kemarau sepertinya tidak asing lagi terdengar, karena masih banyaknya semak belukar, steking dan lahan gambut yang belum dikelola oleh masyarakat pemilik lahan.

Untuk mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan khususnya diwilayah binaan Koramil 14/kpn jajaran kodim 0313/kpr, Babinsa Sertu M.Hatta melak sanakan patroli di lahan kosong di desa kepenuhan Barat kec kepenuhan kab Rokan Hulu, Sabtu (17-06-2023).

Bencana tersebut terjadi karena ulah manusia yang dengan sengaja melukan pembakaran untuk membuka lahan dengan modal yang mudah dan gampang, tetapi mereka tidak menyadari akibat dari yang telah mereka lakukan tersebut.

“Masyarakat yang sedang melaksakan kegiatan tersebut di beri himbauan apabila sedang istrahat dan merokok agar membuang puntung rokok tersebut ke dalam air, serta yakinkan api rokok itu benar-benar padam,”katanya.

Sebab lanjutnya, puntung rokok yang masih menyala juga bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran apabila membuangnya tepat di tanah gambut yang kering. Tuturny"

 

 

Editor : Ank