Balai Besar KSDA Kampar sisir Keberadaan Harimau di Kebun Warga Koto Tuo

Balai Besar KSDA Kampar sisir Keberadaan Harimau di Kebun Warga Koto Tuo


Homeriau.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Badan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Riau langsung menanggapi keresahan masyarakat Desa Koto Tuo setelah ditemuinya jejak yang diduga milik harimau di lahan perkebunan warga, Selasa (10/7/2018)
 

Kepala BBKSDA Resort Kampar Salman kepada wartawan membenarkan jejak yang ditemui warga merupakan jejak harimau dengan ukuran cukup besar. “Melihat jejak yang ada diperkirakan berat harimau mencapai 80 kilogram satu diantaranya adalah harimau dewasa,” ungkap Salman.

BBKSDA yang didampingi oleh pemerintah Desa Koto Tuo dan beberapa orang warga ikut melakukan penyisiran di sebagian besar areal perkebunan warga guna melihat keberadaan jejak harimau lainnya di perkebunan.

Menurutnya Salman, harimau yang berkeliaran di kebun warga sekitar dua ekor satu dewasa dan satu lagi anaknya.

“Kalau harimau mereka berjalan tidak berombongan biasanya berjalan sendiri ataupun bersama anaknya, paparnya lagi

Untuk sementara pihak BBKSDA dan pemerintah Desa Koto Tuo memancing keluarnya harimau dengan mengikatkan beberapa ekor anjing ditengah kebun warga dengan tujuan agar harimau keluar dari persembunyian.

Kepala Desa Koto Tuo Zen Habibi akan berusaha untuk menemukan titik terang atas berkeliarannya harimau di desa. “Kita akan melakukan yang terbaik agar para petani karet kita tidak hawatir lagi untuk bekerja setiap harinya,” jelas kepala desa.

“Malam ini akan kita rapatkan dengan warga dan besok akan kita usahakan melakukan pemancingan tersebut,” sebutnya lagi.

Kepada seluruh masyarakat ia menghimbau agar tetap tenang, jika ada yang melihat bukti lain atas keberadaan harimau agar cepat melaporkan ke pemerintah desa, pungkasnya.

Sumber : berkasriau.com 

Editor : HomeRiau