Bantu Menanam dan Menyiangi Padi, Babinsa Koramil 16/Tapung Terjun Langsung Bantu Petani

Bantu Menanam dan Menyiangi Padi, Babinsa Koramil 16/Tapung Terjun Langsung Bantu Petani

Tapung,- Untuk mendukung program swasembada pangan, Sertu Saiful Bahri Babinsa Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar membantu petani menanam dan juga menyiangi tanaman padi milik bapak Dasam yang merupakan anggota kelompok tani Murni Jaya pimpinan bapak Miffat Churohman bertempat di Desa Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Minggu (24/12/2023).

Dengan semangat dan tidak ada rasa ragu Babinsa serta petani menanam dan mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi, sehingga tanaman bisa tumbuh normal.

Dalam kesempatan itu Babinsa menyampaikan, Kegiatan pendampingan kepada kelompok tani merupakan kegiatan rutin yang kami laksanakan, untuk membantu menanam padi bersama kelompok tani Murni Jaya pimpinan bapak Miffat Churohman.

"Ini sudah merupakan tugas kami sebagai aparatur kewilayahan membantu para petani dalam hal pertanian, seperti kegiatan tanam padi yang sedang saya kerjakan merupakan wujud kemanunggalan TNI- Rakyat," ujar Babinsa.

Babinsa juga menyampaikan gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala petani padi memperoleh hasil panen maksimal. Keberadaan gulma mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan. Sehingga petani perlu melakukan penyiangan ataupun penyemprotan dengan herbisida.

“Rumput di sekeliling tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu kesuburan padi bahkan lama kelamaan rumput akan menutupi tanaman padi, yang akhirnya akan membuat padi menjadi kurang sehat dan bahkan bisa mati. Untuk itulah diperlukan proses penyiangan rumput agar tanaman padi bisa tumbuh subur,” pungkas Babinsa.

 

 

Editor : Ank