Bersama Tim RPK Perusahaan Babinsa Koramil 16/Tapung Laksanakan Patroli dan Mitigasi Cegah Karhutla

Bersama Tim RPK Perusahaan Babinsa Koramil 16/Tapung Laksanakan Patroli dan Mitigasi Cegah Karhutla

Tapung – Sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Sertu Khairul Nizam Babinsa Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar bersama RPK PT. PSPI melakukan Patroli dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla di wilayah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Minggu (10/06/2023).

Babinsa memberi penjelasan tujuannya melaksanakan patroli gabungan untuk mencegah terjadinya Karhutla, disamping itu juga memberikan pengarahan tentang Karlahut kepada warga desa.

"Selain untuk mengantisipasi suhu udara panas agar tidak membuka lahan dengan cara di bakar dan saling menjaga lahannya agar tidak terbakar,

Serta memonitor dan mangantisipasi munculnya titik api di daerah rawan Karlahut tersebut. Giat patroli juga meliputi pengecekan ketersediaan sumber air jika sewaktu waktu terjadi Karlahut," kata Babinsa.

Terpisah, Danramil 16/Tapung Kapten Arm Alza Septendi menyampaikan bahwa imbauan dan sosialisasi ini dimaksud agar masyarakat paham, bahwa melakukan pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan apalagi membuka lahan dengan cara dibakar.

“Hal itu sangat merugikan dan juga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Dan, hal itu juga merupakan bentuk pelanggaran hukum dan dapat dipidanakan,” tegas Danramil.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank