Besok, Wisudawan Planologi UIR Pulang Kandang

Besok, Wisudawan Planologi UIR Pulang Kandang

Pekanbaru, Homeriau.com - Banyak jalan menuju Roma, begitu kata sebuah peribahasa. Banyak jalan pula meraih cita-cita dan harapan. Itulah yang kini sedang dirintis Himpunan Mahasiswa Planologi (HIMPLAN) Fakultas Teknik Universitas Islam Riau. Menurut rencana, Sabtu (27/1), wisudawan program studi itu akan menggelar acara Pulang Kandang Periode IX di Gedung Aula Fakultas Teknik yang dihadiri Dekan Fakultas Teknik Ir. Abdul Kudus Zaini, MT dan Dekanat lainnya. Termasuk orangtua wisudawan.

Menurut Dosen Planologi, Ir. Mardianto Manan MT, pulang kandang merupakan kegiatan rutin yang berlangsung setiap tahun usai wisudawan mengikuti prosesi wisuda di universitas. ''Pada wisuda periode ini ada 17 orang yang akan pulang kandang. Prosesi kegiatannya sedang kami persiapkan,'' kata Mardianto Manan di Kampus Fakultas Teknik UIR Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Rabu sore (24/1).

Pengamat Perkotaan ini menjelaskan, di acara Pulang Kandang ini, Dekan Fakultas Teknik akan menyampaikan pesan-pesan akademik kepada para wisudawan agar dapat menerapkan ilmunya di tengah masyarakat. Juga sukses di bidang pekerjaan masing-masing. Selain itu, ujar Mardianto, seperti kata pepatah setinggi-tinggi burung terbang akhirnya pulang ke sangkar jua. Begitu pun dengan wisudawan. Walaupun kelak mereka menjadi orang besar dan berhasil di dalam pekerjaannya, mereka harus selalu ingat dengan almamater yang telah membekalinya ilmu dan pengetahuan.

"Setiap tahun kita adakan  acara pulang kandang  untuk memulangkan wisudawan.  Istilahnya datang tampak muka pulang tampak punggung. Datang diantar orangtua pulang dikembalikan lagi ke orangtuanya lagi. Itulah hakekat sebenarnya kegiatan pulang kandang di samping hakekat lain, misalnya memperkokoh silaturrahmi dan kebersamaan,'' tambah Mardianto Manan MT didampingi Ketua Panitia, Nurhaliza.

Di tempat terpisah, Dekan Fakultas Teknik UIR, Abdul Kudus Zaini, Rabu pagi (24/1) di Hotel Grand Tulip Pekanbaru meyudisium 108 mahasiswanya yang berhasil meraih gelar sarjana dan akan diwisuda pada Sabtu pagi (27/1) oleh Rektor UIR Prof. Syafrinaldi. Kepada calon wisudawan, Kudus berharap agar menjadikan keberhasilan sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras. Keberhasilan hendaknya juga dibarengi dengan membawa nama baik Fakultas Teknik. ''Kebehasilan ini merupakan jerih payah perjuangan keluarga dan orangtua. ''Saya bersama Civitas Akademika Fakuktas Teknik berharap ananda pandai dan bijak memanfaatkan  pengalaman belajar dan hasil belajar demi keberhasilan kehidupan saudara di masyarakat," kata Kudus.

Yudisium, bukan sekedar seremoni semata  tetapi juga  peristiwa penting yang menunjukan berakhirnya tugas layanan dan asuhan secara formal kepada mahasiswa Fakultas Teknik. Setelah yudisium, ananda akan memasuki dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat, kehidupan yang ananda jalani di dunia yang sangat komplek daya saingnya antar sesama lulusan.Hr*

Editor :