Buktikan Keseriusan Membangun Pabrik Pengolahan Ikan Patin Di Kampar

Buktikan Keseriusan Membangun Pabrik Pengolahan Ikan Patin Di Kampar

 

 

Jakarta, homeriau.com - Bupati Kampar Azis Zaenal tak kenal lelah untuk mendapatkan setiap peluang yang ada guna mendongkrak peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kampar, salahsatu diantaranya meyakinkan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Jakarta agar segera membangun Pabrik Pengolahan Ikan Patin yang di dambakan Pemerintah dan masyarakat kabupaten Kampar, Rabu(3/1).

Menyadari bahwa untuk membangun sebuah pabrik ini akan membutuhkan dana yang cukup besar, dan tidak mungkin apabila menggunakan dana APBD Kabupaten Kampar. Untuk itu Bupati Kampar Azis Zaenal didampingi Kepala Dinas Perikanan Kampar Usman Amin melakukan ekspose di hadapan Nilanto Perbowo selaku Dirjend Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan di Ruang Rapat lantai 14 Gedung Mina Bahari III Jakarta.

Pada kesempatan tersebut Azis membuktikan keseriusan Pemda Kampar bahwa pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya yang menjadi faktor pendukung seperti Lahan, Air, Listrik, Insfrastruktur serta Kecukupan Bahan Baku Pabrik.

"Masyarakat sudah menunggu lama, ini adalah bukti keseriusan kami. Menjadikan Kampar sebagai target kementerian perikanan membuat kami lebih semangat untuk datang menunjukkan itikad baik kami serta keseriusan kami dalam mengharapkan bantuan dari kementerian untuk pembangunan ICS dikampar."Ungkap Azis

Untuk itu Azis mengharapkan kepada pihak kementerian agar program pembangunan pabrik ICS ini dapat terealisasi pada tahun 2018 ini.

Sementara itu Dirjend Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nilanto mengapresiasi keseriusan Pemda Kampar dan menyampaikan bahwa Bupati Kampar Azis Zaenal terlalu pintar untuk meyakinkan pihaknya, dalam hal ini Kementerian juga sudah memasukan Kampar kedalam radarnya dari tahun 2017. Meski demikian pihaknya tetap meminta Pemda Kampar harus siap untuk bersaing dengan daerah lain.

"Kami Sangat mendukung rencana Kampar menyediakan lahan untuk pembangunan cold storage. Namun Kampar harus berkompetisi dengan kabupaten lainnya. Semua pertimbangan seperti lahan, listrik, air, lokasi serta ketersediaan pasokan bahan baku harus terjamin. Karena Kampar telah masuk dalam radar kami sejak tahun 2017." Ungkap Nilanto

Ikan patin nantinya akan dijadikan sebagai komoditas yang membangkitkan ekonomi masyarakat yang berusaha di bidang perikanan dan menjadi juara ikan air tawar Indonesia.

"Kami senang pak Bupatinya datang langsung, ini sudah merupakan nilai tambah.Patin harus menjadi Champions juara ikan air tawar Indonesia."ungkap Nilanto.hr/yl

 

Editor : HomeRiau