Bupati Kampar Adakan Pencanangan Gerakan Cinta Zakat

Bupati Kampar Adakan Pencanangan Gerakan Cinta Zakat

Bangkinang Kota, - Pencanangan Gerakan Cinta Zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kampar, kegiatan Pencanangan tersebut diluncurkan langsung Bupati Kabupaten Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, MH, Dt. Rajo Bertuah bertempat di Aula Kantor Bupati, Kamis (8/7/21).

 

Kegiatan Gerakan Cinta Zakat dengan tema “Keteladan pemimpin muslim dalam berzakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kampar”

Undangan Kegiatan pencanangan gerakan cinta zakat Kabupaten Kampar: Sekretaris Daerah Kabupaten, Staff Ahli Bupati Kampar, Asisten Setda Kabupaten Kampar, Kabag Setda Kampar, Kepala OPD Kabupaten Kampar, Forkopimda, Ketua Baznas Provinsi Riau, Kakan Kemenag Kampar, Ketua KPU Kabupaten Kampar, Ketua MUI Kabupaten Kampar, Pimpinan Ormas, Pimpinan Organisasi, Pimpinan Perusahaan dan Koperasi.

 

Ketua Baznas Kabupaten Kampar Purwadi SP, M.SI menyampaikan dalam sambutannya, Gerakan Cinta Zakat merupakan gerakan yang luncurkan BAZNAS Republik Indonesia untuk meningkatkan kesadaran umat Islam di Indonesia dalam menunaikan zakat. sebelumnya program gerakan cinta zakat telah di launching oleh Presiden dan wakil Presiden RI pada tanggal 15 April 2021 di Istana Negara Jakarta.

 

Selanjutnya, Kata Purwadi, Gerakan cinta zakat tersebut juga diikuti oleh seluruh Kepala Daerah se-Indonesia. Alhamdulillah Gubernur Riau juga telah melaksanakan pencanangan gerakan cinta zakat yang dihadiri oleh kepala OPD di Gedung Daerah Balai Serindit pada tanggal 22 April 2021 bertepatan 10 Ramadhan 1442 H dan setelah itu diikuti oleh beberapa kepala daerah di Provinsi Riau. Alhamdulillah Kabupaten Kampar dapat melaksanakan Pencanangan atau peluncuran Gerakan Cinta Zakat pada saat sekarang ini.

 

Purwadi dalam sambutannya, dihadapan Bupati Kampar juga melaporkan jumlah pengumpulan zakat sampai bulan Juni 2021.  

“Bapak Bupati Hadirin yang di muliakan Allah, Kami laporkan kepada Bapak Bupati dan Ketua Baznas Riau, bahwa sampai dengan Bulan juni ini, Baznas kabupaten Kampar pada tahun 2021 telah mengumpulkan ZIS (Zakat Infaq dan Sedekah) sebanyak 5,3 M dan telah didistribusikan sebanyak 4,3 M.”, Kata Purwadi.

 

Diakhir sambutannya, dengan kerendahan hati Purwadi juga menyampaikan permohonan bimbingan, petunjuk dan arahan kepada Bupati Kampar untuk membawa Baznas Kabupaten Kampar lebih baik.

 

“Dimohon dengan hormat sudilah kiranya Bapak Bupati dapat memberikan arahan, petunjuk dan sekaligus mencanangkan Gerakan Cinta Zakat di kabupaten Kampar pada saat sekarang ini” kata Purwadi dengan penuh harap.

 

Selanjutnya Ketua Baznas Provinsi Riau, DR. Saidul Amin, MA menyampaikan, dengan Adanya Gerakan Cinta Zakat ini dapat memberi Motivasi kepada pejabat yang ada untuk berzakat, serta sebagai motivasi juga kepada seluruh ASN yang ada Kabupaten Kampar, dengan terkumpulnya zakat akan mampu mensejahterakan masyarakat Kampar, sehingga kedepannya akan menjadikan kabupaten Kampar gemilang, terbilang dan cemerlang, kata Saidul Amin.

Saidul amin juga menyampaikan, dalam pengelolaan zakat perlu adanya inovasi-inovasi dalam pendayagunaan dan pendistribusian. Inovasi-inovasi yang dilakukan Baznas maka akan mampu menjadi daya tarik muzakki dan percepatan dalam penanggulangan kemiskinan.

 

Sementara Bupati Kabupaten Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH, MH, Dt. Rajo Bertuah yang diwakili oleh asisten bidang pemerintahan dan Kesra, Drs. Ahmad Yuzar, M.Si menyampaikan Apresiasi untuk Baznas Kabupaten Kampar, dengan adanya Pencanangan Gerakan Cinta zakat semoga mampu menggali potensi zakat di Kabupaten Kampar sekitar 75 (tujuh puluh lima) Milyar, dan masih tergarap sekitar 11 (sebelas) Milyar dan itupun 90 persen dari ASN, kata Ahmad Yuzar. (rls/rano)

Editor : Ank