Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 05/ Kampar Kiri Kodim 0313/Kpr Melaksanakan Patroli

Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 05/ Kampar Kiri Kodim 0313/Kpr Melaksanakan Patroli

Kampar - Untuk menghindari dan mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/Kpr Serda Horasma Simanjorang bersama MPA (Masyarakat Peduli Api) diwilayah Kecamatan Kampar Kiri Hulu lakukan patroli rutin.

Patroli dinilai sangat perlu dilakukan dalam rangka pemetaan kerawanan terjadinya Karhutla. Kemudian patroli juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya fungsi hutan bagi keseimbangan lingkungan.

Danramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/KPR  Mayor Arh Gunawan mengatakan, bahwa patroli Karhutla  ini secara rutin dilaksanakan oleh personel Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/Kpr dengan MPA(Masyarakat Peduli Api) di Desa Danau Sontul  Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Jum'at (08/01/2021).

Dijelaskannya, patroli dilakukan untuk mencegah tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan maupun potensi bencana lainnya di wilayah itu. Selain itu, kegiatan itu juga bertujuan untuk mengajak masyarakat agar peduli guna mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Menurutnya, peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan menjadi sangat penting. Oleh karena itu, TNI juga berkewajiban mengedukasi masyarakat pentingnya hutan bagi keseimbangan lingkungan.

"Kita memperkuat mitigasi, caranya dengan sosialisasi ke masyarakat dan perusahaan agar jangan sampai membakar hutan, atau lahan sembarangan. Jika itu terjadi tentu akan ada tindakan tegas oleh aparat terkait," ujar Danramil.

Sumber : Pendim 0313/Kpr

Editor : Ank