Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 05/ Kampar Kiri Kodim 0313/KPR Patroli Bersama Security

Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 05/ Kampar Kiri Kodim 0313/KPR Patroli Bersama Security

Kampar -  Dalam situasi Pandemi Covid-19 Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/KPR Serma Masri dan Serka Bambang Heriyanto dibantu oleh Satu orang MPA (Masyarakat Peduli Api), beserta Security Perusahaan melaksanakan Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Lipat Kain Utara, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Senin (26/10/2020).

Seraya memberikan sosialisasi pada warga akan dampak negatif dari terjadinya Karhutla itu sendiri.

"Patroli Kebakaran Hutan dan lahan yg dilaksanakan Babinsa bersama Security dan MPA, adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan secara rutinitas dimana hal tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menjaga kelestarian alam secara bersama-sama. Mari kita jaga alam agar alam jaga kita," Ungkap Mayor Arh Gunawan selaku Danramil 05/Kampar Kiri Kodim 0313/KPR melalui Serma Masri.

Dalam pelaksanaan kegiatan patroli karhutla yang dilakukan oleh Babinsa, menitik beratkan daerah yang rawan kebakaran, dimana sebagian wilayah Desa Lipat Kain Utara terdiri dari Semak belukar dan ditumbuhi ilalang. Dengan kondisi alam tersebut akan memudahkan terjadi kebakaran hutan dan lahan apalagi didukung faktor alam dan manusia sekelilingnya. Karhutla juga dapat terjadi disebabkan oleh faktor manusia baik secara sengaja maupun tidak sengaja membakar lahan.

"kelangsungan kelestarian alam yang ada adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu saya menghimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar karena hal tersebut akan dapat merugikan semua pihak, apalah lagi belakangan ini Pemerintahan lagi fokus untuk menangani permasalahan pandemi Covid-19" tambah Serma Masri.

Sumber : Pendim0313/Kpr

Editor : Ank