Cegah Terjadinya Karhutla Sejak Dini, Babinsa Rutin Lakukan Patroli Terpadu

Cegah Terjadinya Karhutla Sejak Dini, Babinsa Rutin Lakukan Patroli Terpadu

Pangkalan Kerinci, homeriau.com - Pencegahan Karlahut lebih dini menjadi bagian kegiatan Babinsa untuk mengingatkan warga diwilayahnya agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar.

 

Babinsa Koramil 09/Langgam Serda Syafrizal Can bersama Bhabinkamtibmas, Manggala Agni dan MPA melaksanakan Patroli terpadu dalam Pencegahan Karlahut di Desa Tambak Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Rabu (26/08/2020).

Dalam bulan ini diwilayah Kabupaten Pelalawan khususnya Kecamatan Langgam situasi cuaca saat ini musim kemarau meski sesekali masih ada turun hujan, kendati begitu masih sangat rentan terjadi Karlahut.

Adapun upaya yang kita lakukan untuk mengantisipasi karlahut, Babinsa Koramil 09/Langgam bersama rekan Bhabinkamtibmas, Manggala Agni dan MPA melakukan patroli Dan Sosialisasi Pencegahan di wilayah binaannya, termasuk di Desa Tambak Kecamatan Langgam.

" Kini telah masuk musim kemarau, kita harus lebih waspada, jangan sekali-kali membuka lahan kebun dengan cara membakar lahan ataupun hutan. Kita semua harus saling mendukung dalam pencegahan pembakaran hutan dan lahan, demi kelestarian hutan dan kesehatan kita semua," Ucap Serda Syafrizal Can.

Serda Syafrizal Can menuturkan, Patroli Karlahut yang dilakukan tersebut, bertujuan memantau daerah-daerah yang rawan terjadi pembakaran hutan dan lahan, serta melakukan pendataan lahan yang telah dibersihkan oleh warga.

"Disamping itu kami juga melaksanakan Sosialisasi untuk mengimbau kepada masyarakat agar bersama mencegah kebakaran hutan dan lahan, dan jika menemukan oknum yang sengaja membakar segera laporkan kepada pihak berwajib," tambahnya.

Sumber : hms kodim

Editor : Ank