Cuaca Panas Rawan Karhutla, Babinsa Koramil 08/TDN Gencarkan Patroli dan Sosialisasi

Cuaca Panas Rawan Karhutla, Babinsa Koramil 08/TDN Gencarkan Patroli dan Sosialisasi

Rokan hulu — Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 08/TDN Kodim 0313/KPR Serda Frido bersama warga melakukan pengecekan titik Hotspot. kegiatan tersebut berlangsung di desa Batu langkah besar, kecamatan Kabun, kabupaten Rokan hulu, Sabtu (10/06/2023).

Saat dikonfirmasi, Serda Frido menjelaskan. Patroli dan pengecekan titik-titik hotspot ini sebagai upaya pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Desa binaan,” kata Serda Frido.

Patroli digalakkan, agar wilayah rentan kebakaran seperti hamparan semak belukar, hutan bahkan lahan gambut yang ada di wilayah itu tetap terjaga keasriannya dan tak terpapar kebakaran.

“Bila hal itu sampai terjadi, kebakaran bisa meluas dan menyebabkan bencana seperti kerusakan lingkungan hidup dan ekosistem flora serta fauna, udara akan tercemar polusi asap berujung ancaman kesehatan bagi masyarakat,” jelas Serda Frido.

Untuk mencegah hal itu, Babinsa dikerahkan untuk berpatroli. Setiap wilayah nan rentan api disasar, pihaknya sasar lokasi yang dianggap paling sering terjadi kebakaran lahan warga maupun hutan-hutan yang ada di wilayah binaannya.

“Hari ini laksanakan patroli Karhutla di Desa Batu langkah besar Dalam patrolinya, Babinsa tidak temukan adanya titik api. Situasi kondusif,” kata Serda.Frido.

Meskipun demikian, kata dia, pihaknya tak mau berlengah diri. Sikap siaga dan mawas diri diperlukan sebagai bentuk pencegahan dini terhadap potensi Karhutla.

“Walaupun aman, kami tetap gencarkan patroli. Seraya itu, imbauan kepada warga juga disuluhkan agar tidak membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar tumbuhan di atasnya. Dampak Karhutla sangat merugikan dan merusak lingkungan, makanya kita cegah sejak dini,” pungkasnya.

 

 

Editor : Ank