Dandiim 0313/KPR Ikuti Upacara Hari Lahirnya Pancasila bersama pemkab Kampar

Dandiim 0313/KPR Ikuti Upacara Hari Lahirnya Pancasila bersama pemkab Kampar

Bangkinang - Dandim 0313/KPR, Letkol Arh Muliyadi. S.I.P, mengikuti rangkaian Upacara peringatan Hari lahirnya Pancasila tahun 2022. Bersama Pj. Bupati Kampar Kampar, yang diwakili Sekda Kampar, Drs. H. Yusri. M. Si, rangkaian Upacara tersebut melalui Video Confrence (Vidcon) yang diselenggarakan Pemerintah Republik Indonesia di Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hadir mendampingi Pj. Bupati Kampar diantaranya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kampar, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kampar Ahmad Yuzar, Kepala Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kampar Mahadi dan Kepala Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kampar Nurbit. Vidcon tersebut dipusatkan di Lantai II Kantor Bupati Kampar pada Rabu 01/06/2022.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang diselenggarakan di Kabupaten Ende Provinsi.

Mengutip Pidato Presiden Republik Indonesia Sekdakab Kampar Yusri mengatakan bahwa Ideologi Pancasila dapat diimplementasikan kedalam tata kelola pemerintahan yang berdasarkan Pancasila.

Selain itu dirinya mengatakan sebagai pemimpin daerah dalam setiap kebijakan Pemerintahan harus berlandaskan kepada Pancasila sebaga dasar negara republik Indonesia, dan Yusri juga menambahkan sebagai anak bangsa masyarakat Kabupaten Kampar harus berpedoman kepada Pancasila, karena Pancasila sebagai satu-satunya ideologi Bangsa ini.

Yusri juga menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar terus mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kampar untuk membumikan Pancasila, dan mengimplementasikan kedalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam pidatonya Presiden Republik Indonesia menyampaikan bahwa di kota yang penuh sejarah ini yakni di Kota Ende Provinsi NTT Bapak Proklamator Ir. Soekarno merenung dan merumuskan Pancasila, dan disahkan oleh PPKI sebagai Dasar negara Republik Indonesia dan mewariskannya kepada kita semua.

Selain itu Presiden yang akrab disapa Jokowi tersebut juga mengatakan kepada anak bangsa ia mengajak untuk bersama-sama membumikan Pancasila, dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Jokowi juga menyampaikan Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang ketika Bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian, dan ini semua telah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa.

Bangsa Indonesia tetap berdiri kokoh menjadi bangsa yang kuat, karena kita semua bermufakat bahwa kita semua berlandaskan pada Pancasila.

Jokowi juga mengingatkan kita semua harus benar- benar mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila, dapat diwujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita.

Jokowi menambahkan Ideologi Pancasila juga dapat diimplementasikan kedalam tata kepemerintahan, menjiwai, intreaksi antar sesama anak bangsa, dan sebagai tugas kita bersama,tugas seluruh komponen bangsa, menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja yang dirasakan kehadirannya serta dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Diakhir pidatonya Jokowi mengajak seluruh dunia untuk menciptakan manusia lebih baik membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis dimasa depan, dengan tata kelola dunia yang lebih sehat lebih damai dan lebih berprikemanusiaan dan lebih berprikeadilan.

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank