Dandim 0313/ KPR Buka secara resmi  kegiatan Orientasi dan Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika

Dandim 0313/ KPR Buka secara resmi kegiatan Orientasi dan Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika

Bangkinang - Sebanyak 96 orang peserta Pramuka mengikuti Orientasi dan Pengukuhan Anggota Saka Wira Kartika Angkatan Ke IX. Kodim 0313/KPR. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh komandan Kodim 0313/ KPR Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho S.H., M.I.P., Di lapangan Upacara Makodim 0313/ KPR , di JL,Jendral Sudirman, Kel. Langgini, Kec Bangkinang, Kab. Kampar, Riau. Kamis ( 22/02/2024 ).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 0313/ KPR, Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho S.H., M.I.P., Wakil ketua bidang pembinaan anggota muda kwartir cabang Kampar Bpk Syarifudin M.Pd., Wakil sekretaris kwartir Cabang Bangkinang zapri S.kom M.Pd, Perwira Seksi Teritorial Kodim 0313/ KPR Lettu Inf Dedi A.Md, Para pembina dan Pelatih Saka Wira Kartika, Dan seluruh Peserta saka Wira Kartika.

Dalam Amanatnya Dandim 0313/ KPR mengatakan Saka wira kartika adalah suatu satuan karya pramuka (saka) ada yang dibentuk melalui kerjasama antara kwartir nasional (kwarnas) gerakan pramuka dengan tni angkatan darat untuk secara khusus mengembangkan pendidikan bela negara. saka wira kartika merupakan wadah kegiatan bagi anggota pramuka penegak dan pramuka pandega dalam meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat yang meliputi segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan, maupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat, seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

tujuan dibentuknya saka wira kartika adalah untuk memberi pendidikan bagi anggota gerakan pramuka melalui kegiatan nyata, produktif, dan berguna bagi dirinya dan masyarakat sesuai dengan kondisi wilayahnya masing-masing, sebagaimana tertuang dalam surat keputusan kwarnas nomor 205 tahun 2009 tentang petunjuk penyelenggaraan satuan karya pramuka wira kartika. serta membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia.

Kegiatan ini akan berlangsung Mulai Hari ini dan akan ditutup pada tanggal 25 Februari mendatang, Semoga para peserta diberikan kesehatan dan kemudahan dalam menjalani kegiatan orientasi ini tutupnya.

Editor : Ank