Dandim 0313/Kpr Bersama Gubernur Riau dan Forkopimda Kampar Ikuti Perayaan Hari Raya Enam

Dandim 0313/Kpr Bersama Gubernur Riau dan Forkopimda Kampar Ikuti Perayaan Hari Raya Enam

Bangkinang – Komandan Kodim (Dandim) 0313/KPR, Letkol Arh Muliyadi, S.I.P., hadir sekaligus mewakili Komandan Korem 031/WB, Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, S.A.P., M. Han. bersama Gubernur Riau, Drs. Syamsuar, M.Si., Pj. Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, MM., dan Kapolres Kampar, AKBP Didik Priyo Sambodo, S.I.K., beserta para Forkopimda Kabupaten Kampar ikut larut dalam perayaan hari raya 6 yang sudah menjadi tradisi masyarakat Bangkinang dan sekitarnya di Kabupaten Kampar.

Acara yang digelar di Masjid Al Mujahidin Desa Muara Uwai, Kecamatan Bangkinang, Sabtu (29/04/2023) ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau, Drs. Syamsuar, M.Si,. Selain itu, kegiatan ini tampak juga dihadiri sejumlah Kepala OPD, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat.

Perayaan hari raya 6 di Bangkinang sekitarnya selalu dibarengi dengan ziarah kubur ke pemakaman para leluhur persukuan yang ada di Kabupaten Kampar. Hari Ayo Onam (Rayo enam) tidak hanya ziarah kubur yang mengingatkan kita akan kematian. Tetapi hari raya enam juga adalah ajang silaturahmi dengan seluruh kerabat keluarga, dunsanak, baik ada di kampung maupun yang ada di rantau.” ujar Dandim.

Sementara itu Gubernur Riau, Drs. Syamsuar, M.Si, mengapresiasi tradisi ziarah makam pada Hari Raya 6 yang masih terjaga dengan baik di Kabupaten Kampar. Ia berharap tradisi ini terus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi mendatang. "Tradisi ziarah makam pada Hari Raya 6 ini merupakan bagian dari budaya dan sejarah Kabupaten Kampar yang perlu dijaga dan dilestarikan. Semoga dengan terus dilakukan, nilai-nilai kearifan lokal dan silaturahmi yang kuat dapat terus terjaga dan berkembang," tutur Gubri.

Rombongan ziarah makam pada Hari Raya 6 di Bangkinang Seberang tersebut terdiri dari ratusan masyarakat setempat yang memadati kawasan pemakaman. Dalam ziarah tersebut, mereka melakukan beberapa ritual seperti membersihkan dan memperbaiki makam, serta berdoa bersama. Acara pelepasan rombongan ziarah makam tersebut berjalan dengan aman dan tertib, tanpa adanya kendala.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

 

Editor : Ank