Dandim 0313/KPR Hadiri Penutupan Festival Bagholek Godang Tahun 2022

Dandim 0313/KPR Hadiri Penutupan Festival Bagholek Godang Tahun 2022

Bangkinang - Komandan Kodim 0313/KPR, Letkol Arh Muliyadi. S.I.P mendampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia ( PDTT ) Republik Indonesia Dr.(HC) Drs. A.Halim Iskandar, M.Pd Hadir Dalam acara petupan Festival Bagholek Godang Tahun 2022. Jumat 12/08/2022

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia ( PDTT ) Republik Indonesia Dr.(HC) Drs. A.Halim Iskandar, M.Pd secara resmi menutup Pekan Budaya “Bagholek Godang “ Kabupaten Kampar yang dimulai pada 12 Agustus lalu dan pada tanggal 12 Agustus telah ditutup. Dalam kesempatan tersebut Menteri PDTT itu didampingi Penjabat (PJ) Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM.

Hadir dalam Penutupan Pekan Budaya Kampar tersebut diantaranya Anggota DPR-RI .. Forkopimda Kabupaten Kampar, Sekretaris Daerah Drs. Yusri, M, Si serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar. (12/8)

Dalam sambutannya Menteri PDTT Dr.(HC) Drs. A.Halim Iskandar, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa takjub dan kebanggaannya telah terselenggaranya Pekan Budaya Kabupaten Kampar, Ia juga memberikan apresiasi, penghargaan setinggi-tingginya dan rasa salut Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar telah menyelenggarakan kegiatan yang melestarikan budaya di Kampar

“Saya bangga, sekaligus ungkapan salut dan luar biasa kepada Pemerintah Kabupaten Kampar yang masih melestarikan Budaya Kampar melalui Pekan Budaya atau Bagholek Godang “ujarnya.

Ia menambahkan Pemerintah Daerah dalam menjalankan pemerintahannya masih mengedepankan budaya, dengan demikian budaya Kampar akan terus terlestarikan dan terjaga hingga masa depan.

Dalam kesempatan itu juga Menteri Drs. A.Halim Iskandar, M.Pd juga mengucapkan terimakasih dan berharap Kabupaten Kampar meraih kesuksesan dimasa mendatang.

Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini akan setiap tahunnya akan dilaksanakan, dan akan ada iven-iven bulanan lainnya, Kamsol juga menambahkan kegiatan pekan budaya ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, akibat Pandemi Covid 19 yang telah melemahkan ekonomi masyarakat.

Kamsol juga mengatakan ungkapan rasa terimakasih atas terbukanya peluang UMKM di Kampar untuk go publik dengan memberikan masukan perbaikan kemasan dari produk-produk khas Kampar, Dia menambahkan dengan adanya dukungan dari Kementerian maka UMKM Kampar akan memiliki Tag line “Bangga mendunia”.

Disisi lain, Kamsol memaparkan bahwa di Kabupaten Kampar pada tahun 2022 ada 14 Desa Mandiri, desa Maju ada 84 desa, desa berkembang ada 109 desa, desa tertinggal 12 desa dan desa sangat tertinggal ada 23 desa. Selanjutnya Kamsol mengatakan desa sangat tertinggal ini bukan karena Pemerintah tidak membangunnya, tetapi didesa yang sangat tertinggal tersebut ada suaka margasatwa dan kawasan hutan lindung.

Kamsol mengatakan diperlukan uluran bantuan dan dukungan dari Kementerian PDTT untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar untuk membantu desa sangat tertinggal ini agar sejajar dengan desa maju lainnya di Kabupaten Kampar.

Diakhir sambutannya Kamsol berharap Kementerian PDTT untuk membantu memberikan jalan keluar agar Desa-desa yang sangat tertinggal ini dapat menjadi desa maju, karena desa sangat tertinggal ini merupakan penyumbang oksigen dunia dan menjadi habitat hewan-hewan yang dilindungi dunia.

Ketua panitia Pekan Budaya “Bagholek Godang” Drs. Yusri, MSi dalam pembacaan laporan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dampak dari pekan budaya Kampar ini selain upaya untuk melestarikan budaya Kabupaten Kampar, juga sebagai ajang memperkenalkan budaya Kabupaten Kampar kepada generasi penerus bangsa, sehingga generasi muda dapat mengenal sekaligus dapat ikut melestarikan budaya Kampar.

Yusri menambahkan bahwa dengan adanya Iven Bagholek Godang ini, budaya Kabupaten Kampar dapat lebih dikenal baik di nasional maupun tingkat Internasional sehingga berdampak kepada semakin banyaknya wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Kampar.

Dalam kesempatan itu juga Yusri, memaparkan bahwa dalam malam penutupan ini juga akan diberikan sejumlah penghargaan diantaranya Piagam penghargaan UMKM sektor perikanan diwakili H suhaimi,S.Pi,M.MA pelaku UMKM pemasok ikan di garuda, bidang koperasi Mak itam ?tahiya?pelaku UMKM kue bolu dan paniagham dan sektor perundustrian IKM pandai besi rumbio jaya saliar serta penyerarahan penghargaan pemenang bujang dara kampar 2022.

Sumber : Pendim 0313/Kpr

Editor : Ank