Dandim 0313/Kpr ikuti Apel Gelar Pasukan secara serentak guna kesiapan TNI pada Pam Pemilu

Dandim 0313/Kpr ikuti Apel Gelar Pasukan secara serentak guna kesiapan TNI pada Pam Pemilu

Pekanbaru - Dalam rangka kesiapan TNI pada Pam Pemilu tahun 2024,Dandim 0313/Kpr ikut melaksanakan Apel Gelar Pasukan secara serentak yang dipimpin oleh Danrem 031/WB, bertempat di Lapangan Makorem 031/WB Jl. Mayor Ali Rasyid No. 1 Pekanbaru. (Kamis, 01/02/2024).

Kegiatan Apel tersebut dihadiri oleh Gubernur Riau diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau (Jenri Salmon Ginting, AP, M. Si) ,Dandrem 031/WB (Brigadir Jenderal TNI Dany Rakca Andalasawan, S.A.P., M.Han), perwakilan Danlanud, Danlanal Dumai diwakili Kasi Intel (Mayor Laut (S) Memor Dimas Wondo) ,Kapolda Riau diwakili Karo Ops Polda Riau (Kombes Pol Rony Lumbangaol, S. I. K) , Kasatpol PP Provinsi Riau diwakili Kabid Ops (Afrizal Anjo, SE. M. Si) , Ketua Bawaslu Provinsi Riau , KPU Provinsi Riau diwakili kabak keuangan, umum dan logistik (Efri Bobby Rafles, S.Ip, M. Si) ,serta Para PJU Korem 031/WB , Para Dandim 031/WB,Para Danden 031/WB dan Para Danyon Korem 031/WB.

Dalam penyampaiannya Danrem 031/Wb mengingatkan Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pemilu 2024 :

1. Pegang teguh netralitas TNI dengan tidak memdukung salah satu paslon capres dan cawapres pada pemilu 2024 nanti.

2. Satuan TNI dilarang membuat pernyataan apapun pada masa pemilu 2024 nanti.

3. Setelalah melaksanakan apel ini menindak lanjuti kesiap siagaan baik moril, materil dan alusista pada pelaksanaan pemilu 2014.

4. Pedomani ketentuan sebagai arah untuk pelaksanaan keamanan pada pemilu 2024.

5. Sampai dengan tujuan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden prajurit bertindak dengan bijak kepada masyarakat dalam pelaksanaan pemilu 2024.

6. Kita sepakat menjaga perdamaian dan keamanan selama masa pemilu 2024 ,Pada Polri dan Pemerintah Daerah kita siap apabila dibutuhkan pada situasi yang mendesak.

Selain itu Danrem 031/Wb meminta pada jajaran satuan yang telah hadir yang menyiapkan kekuatanya untuk diturunkan pada kondisi tertentu pada pemilu tahun 2024.

b. TNI berpegang teguh dan berkomitmen terhadap netralitas TNI.

c. Beberapa hal yg telah dikoordinasikan saya minta komandan kesatuan untuk pro aktif melaksanakan tugas-tugas yang sudah ditetapkan dan disepakati.

d. Dalam plaksanaan kegiatan khususnya wilayah Provinsi Riau Khususnya TNI harus hadir dan cepat merespon karena kehadiran TNI diwilayah sebagai representatif diwilayah untuk negara.

e. Satuan TNI tidak boleh lemah harus harus kuat, tegas dan hadir dalam situasi apapun dan menjadi solusi pada keadaan yg tidak menentu.

f. Harus menunjukkan sikap tegas, humanis dan kearipan lokal karena yang kita hadapi adalah masa dan kita harus tegas dalam keadaan apapun.

g. Komandan kesatuan akan brifing di ruangan saya apa yang perlu kita lakukan untuk meng update pada situasi

Saat ini kita mulai persiapan untuk tanggal 14 Februari 2024 nanti, TNI harus hadir dan cepat membantu kita harus pro aktif agar tidak terjadi hambatan hambatan yg tidak diinginkan.

Dalam pagelaran dilaksanaknya apel ini bertujuan untuk mengecek dan menyakinkan semua prajurit untuk pengamanan pemilu dan kesiapan pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 nanti.

 

 

Editor : Ank