Danramil 01/Bkn Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Riau

Danramil 01/Bkn Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Riau

Bangkinang -  Danramil 01/Bkn Kodim 0313/KPR Letkol inf (Har) H Yuhardi memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhamadiyah Riau dalam rangka Audiens Para Mahasiswa Kaderisasi Sistem Informatika (KKSI)Yang Berjumlah -+ 160 orang, bertempat di lapangan perkemahan Desa Siabu Kec Salo Kab Kampar. Sabtu (16/12/2023)

Dalam penjelasannya, Danramil mengatakan, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, hal tersebut mengisyaratkan bahwa menjaga kedaulatan negara adalah kewajiban bagi tiap-tiap pribadi meskipun telah dibentuk institusi yang memiliki kewajiban dalam tugas pertahanan dalam sebuah negara. 

"Menanamkan kesadaran cinta tanah air tidak serta merta tumbuh, oleh karenanya sejak dini perlu mendapatkan pembelajaran, dengan semangat bela negara, generasi muda diharapkan selalu membentuk karakter bangsa menuju generasi penerus bangsa yang handal dan berdedikasi tinggi," Jelasnya kepada mahasiswa.

Lanjut dikatakannya, para mahasiswa diharapkan juga memahami pentingnya wawasan kebangsaan sehingga para generasi muda dapat memahami apa itu tentang persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong, bela Negara, pentingnya semangat Nasionalisme, dan saling tolong-menolong. 

"Diharapkan para generasi muda tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif seperti Narkoba dan pergaulan bebas."harapnya.

Danramil juga mengajak generasi muda khususnya mahasiswa Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhamadiyah Riau ini untuk lebih bijak dalam menyikapi perkembangan zaman saat ini, pemuda sebagai generasi penerus bangsa hendaknya memiliki kemantapan rasa cinta tanah air, bela negara dan memiliki kemantapan wawasan kebangsaan sehingga nantinya mampu menjadi pemimpin yang senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan kedaulatan NKRI.

Ketua pelaksana kegiatan, Himpunan Mahasiswa Bapak Abiyyu Zamir Yunas, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0313/Kpr khususnya Danramil 01/Bkn yang telah memberikan materi bela negara. 

Menurutnya, kegiatan ini memberikan peluang bagi generasi muda untuk selalu aktif, bukan hanya tinggal diam, namun terus untuk produktif dalam meneruskan perjuangan dan pembangunan bangsa.

"Dengan semangat bela negara, diharapakan mahasiswa universitas Muhammadiyah Riau sebagai generasi muda akan selalu membentuk karakter bangsa menuju generasi penerus bangsa yang handal dan berdedikasi tinggi," ungkapnya.

 

 

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank