Desa Binaan RAPP Raih Sertifikat Utama ProKlim

Desa Binaan RAPP Raih Sertifikat Utama ProKlim

PANGKALAN KERINCI - Kelurahan Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan raih Sertifikat Utama melalui Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sertifikat langsung diserahkan oleh Bupati Pelalawan H Zukri, Senin (18/07/2022) di Pangkalan Kerinci.

Desa binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memenuhi kriteria dalam pelaksanaan ProKlim di wilayah setempat sebagai kontribusi nyata desa dalam upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Stakeholders Relations (SHR) RAPP Manager Wilayah Pelalawan Mabrur mengatakan untuk mendukung kegiatan adaptasi dan mitigasi, masyarakat telah melaksanakan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dimana masyarakat mempraktikkan berkebun ramah lingkungan dengan memaksimalkan pemanfaatan pekarangan. Dengan adanya KRPL ini, semoga lingkungan rumah dan pekarangan masyarakat semakin asri dan bermanfaat bagi ketahanan pangan

"Dalam kegiatan mitigasi perubahan iklim, masyarakat melakukan pengelolaan sampah dengan memisahkan sampah organik dan anorganik. Sampah organik dan kotoran ternak dapat dikomposkan untuk menyuburkan tanaman KRPL. Menggunakan kotoran ternak milik petani untuk membuat biogas sederhana untuk menggunakan energi baru terbarukan dan menghemat energi," jelasnya

Mabrur menambahkan Desa-desa yang telah menerima program pemberdayan dari RAPP telah dapat diselaraskan dengan kegiatan ProKlim yang kemudian dapat didaftarkan sebagai desa ProKlim

"Selain itu, masih banyak kegiatan adaptasi dan mitigasi lainnya yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat. Hal ini kemudian diperkuat melalui program Community Development RAPP, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau. Seluruh kegiatan yang dilakukan didokumentasikan dan didaftarkan sebagai kegiatan desa ProKlim dalam Sistem Registrasi Nasional (SRN) di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," tutupnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Eko Novitra mengatakan penghargaan diberikan dalam rangka mendukung program Pelalawan Sejuk yang menjadi program Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan H Zukri - H Nasarudin. Piagam penghargaan juga diberikan kepada perusahaan pendukung desa-desa untuk ProKlim. 

"Penilaian dilakukan pada tahun 2021 dan 2022. Tim penilai berasal dari kementerian, provinsi dan kabupaten, sesuai dengan kategori. Penghargaan diharapkan dapat memberikan motivasi bagi masyarakat, sekolah dan juga perusahaan serta stakeholder untuk dapat mendukung program Pelalawan Sejuk," jelas Eko.

 

 

Editor : Ank