Di Tahun 2023 DisbunakKeswan Kampar Targetkan 1500 Hektar Untuk Program PSR Tercapai

Di Tahun 2023 DisbunakKeswan Kampar Targetkan 1500 Hektar Untuk Program PSR Tercapai

BANGKINANG - Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kampar terus berupaya untuk menjalankan program - program Dinas sesuai rencana yang sudah memasuki pertengahan pada Tahun 2023 ini.

Hal itu dikatakan Kepala Disbunak Keswan Kampar, Ali Sabri, bahwa selain program yang ada di APBD, program dari pusat seperti Jalan usaha tani, perbaikan perbaikan rumah kesehatan hewan.

"Kita selalu berkoordinasi dengan pemerintahan pusat untuk mendapatkan Dana, seperti dana Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), dana Sarpras dan SDM," kata Ali Sabri saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (16/5/23).

Ia mengemukakan, untuk PSR di tahun 2023 ini sudah mengajukan 1500 Hektar untuk replanting.

"Dimana, syarat 1500 H PSR yang diajukan petani atau kebun kebun rakyat yang sifatnya mandiri, tetapi harus ada induk, apakah itu induknya koperasi atau bentuk kelompok tani," beber Ali Sabri.

Ali juga menambahkan, untuk syarat kedua betul betul harus lahan diluar kawasan. Walaupun dulunya punya sertifikat, ternyata setelah diverifikasi kita ada SK.

"Di SK itu ada Kadis selaku Ketua, Sekretrasi dan anggota tim Verifikasi. Verifikasi itu ketat dilakukan untuk dilakukan verifikasi kembali," ujarnya lagi.

Setelah diverifikasi kembali, lanjut Ali Sabri, dari sejumlah tadi setelah diverifikasi kembali, ada yang masuk dalam kawasan hutan.

"Yang masuk dalam kawasan, itu tidak bisa dilaksanakan. Tapi kita sudah menandatangani surat perjanjian kerjasama untuk hal ini, dan mudah mudahan untuk PSR kita sudah melakukan sosialisasi terhadap KUD KUD," tambah Ali.

Ia juga sudah memanggil Ketua KUD dan Sekretarisnya untuk kesiapan yang wajib menginput data mereka.

"Kegiatannya itu dimulai, dana tersebut masuk ke rekening Ketua Koperasinya, dan kita dinas hanya sifatnya pembinaan," pungkasnya.**

 

 

Editor : Ank