Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kampar Taja Kegiatan Workshop Jurnalistik Bagi Siswa dan Mahasiswa

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kampar Taja Kegiatan Workshop Jurnalistik Bagi Siswa dan Mahasiswa


Bangkinang, homeriau.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar Taja kegiatan Workshop Jurnalistik. Kegiatan sehari penuh tersebut dilaksanakan pada,  (13/12) di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Kampar.


Kegiatan yang diikuti oleh puluhan siswa dan mahasiswa Kabupaten Kampar tersebut dibuka secara resmi oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Kampar yang diwakili Kasi Pelayanan,  Musnaini, M. Si. Pembukaan juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Kominfo, Nurlis, S. Sos, Manajer Adira Finance Cabang Bangkinang, Zulkifli,  dan Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar yang juga Pimpinan Redaksi Auramedia.co, Aprizal, SE. 

Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Musnaini mengatakan, bahwa kegiatan Workshop jurnalistik merupakan bentuk tindak lanjut program Perpustakaan Nasional (Perpusnas)  tentang program Revitalisasi pengembangan perpustakaan umum melalui Transformasi berbasis inklusi sosial. Dinas Perpustakaan akan selalu membuka diri bagi seluruh elemen masyarakat yang ingin memanfaatkan  perpustakaan untuk melakukan kegiatan sosial. 

Musnaini juga menjelaskan, bahwa perpustakaan bukan hanya tempat rak buku dan tempat membaca saja. Perpustakaan saat ini akan selalu membuka diri dan membuat program serta bekerjasama dengan pihak manapun guna melaksanakan program pelibatan masyarakat. Kegiatan berbasis inklusi sosial diharapkan dapat berkontribusi untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu, Manajer Adira Finance Cabang Bangkinang, Zulkifli mengatakan, bahwa pihak perusahaan juga merasa memiliki tanggung jawab dan terpanggil hatinya untuk melaksanakan kegiatan pengembangan masyarakat. Tanggung jawab perusahaan dalam bentuk program Corporate Social Responsibilty (CSR). "Workshop Jurnalistik ini merupakan salah satu sasaran dari Program CSR yabg kita miliki", ungkap Zulkifli. 


Pelaksanaan Workshop Jurnalistik tersebut dipandu oleh 3 orang instruktur sekaligus pemateri yang merupakan penggiat program Revitalisasi perpustakaan dinas Perpustakaan Dan Kearsipan kabupaten Kampar. Ketiga Instruktur tersebut adalah, Syarkawi, Suhaimi, dan Adi Jondri Putra. 

Selain wartawan Metro Riau,  Adi Jondri Putra, Pemateri Workshop Jurnalistik tersebut juga diisi oleh Penasehat PWI Kabupaten Kampar, Aprizal,  SE. 

Menurut pantauan wartawan, Workshop Jurnalistik berjalan lancar. Teori diskusi yang dipakai dalam pelatihan tersebut berhasil membangkitkan semangat peserta untuk aktif dalam mengikuti materi. 

Salah seorang peserta utusan MAN 1 Kampar,  Umi Maqfiroh kepada wartawan mengaku, bahwa kegiatan Workshop jurnalistik yang ditaja oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Kampar sangat asyik. Meski disampaikan secara santai dengan penuh humoris, materi yang diberikan oleh pemateri mudah dipahami oleh peserta. Umi bahkan mengaku bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling asyik dan mantap diikutinya selama menjadi siswa. "Banyak ilmu dan pengalaman yang kita dapat pada kegiatan ini" ungkap Umi. 

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan siswa dan mahasiswa Kampar ini ditutup oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Kampar yang diwakili,  Syarkawi. (ajep/rano)

Editor : HomeRiau