Dongkrak Kunjungan Wisatawan, PODSI Akan Gelar Kampar Internasional Dragon Boat Festival

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, PODSI Akan Gelar Kampar Internasional Dragon Boat Festival


KAMPAR, homeriau.com - Untuk memotivasi prestasi atlet dayung dan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Kabupaten Kampar akan menggelar 'Kampar Internasional Dragon Boat Festival' di Danau Rusa, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pada 18 - 21 Juli 2019 mendatang.

Komandan Kodim (Dandim) 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin Hasan, SIp, MIPol yang juga Ketua PODSI Kampar, mengatakan, event yang akan digelar secara rutin setiap tahun itu diharapkan mampu memotivasi pedayung Kampar untuk berprestasi dan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, terutama wisatawan lokal nasional maupun asing ke Kampar.

"PODSI menggelar event internasional ini bertujuan untuk memperkenalkan Pariwisata Kampar ke dunia, sudah saatnya Kampar menyapa dunialah. Disamping kita meraih nilai prestasi dalam menyelenggarakan event dayung, kita juga mampu memacu pedayung Kampar untuk berprestasi. Dan yang paling penting, kita berhasil memasarkan pariwisata Kampar di tingkat internasional," ucap Dandim Aidil, kepada awak media di Danau Rusa, Ahad (17/2/2019).

Event Kampar Internasional Dragon Boat Festival ini nantinya akan di ikuti 10 Negara, antara lain, Iran, Australia, Inggris, Malaysia dan sejumlah tim dari Dayung nasional dan Lokal.

Pria yang akrab disapa Ocu Aidil ini menyampaikan, bahwa PODSI saat ini telah melakukan kerjasama dengan Internasional Dragon Boat Federation (IDBF) untuk mempersiapkan segala kebutuhan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam penyelenggaraan event tersebut.

"Kita sudah melakukan kerjasama dengan IDBF, tim survei mereka sudah mengatakan layak. Maka, Sumber Daya Manusia (SDM) kita yang harus dipersiapkan, baik SDM pedayung, maupun SDM yang menyelenggarakan event ini kita latih," tutur Datuok Palo Panglimo Kampa itu.

Abituren Akmil 2001 itu juga mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah dan juga sejumlah pihak untuk mensukseskan terselenggaranya event internasional ini.

"Kita berharap Pemkab Kampar dapat mendukung penuh kegiatan ini, dan juga dari berbagai pihak. Untuk mewujudkan hal ini, tidak sedikit kebutuhan dana yang diperlukan demi melaksanakan event internasional ini berhasil di Kampar," pungkas pria kelahiran Pulau Birandang, Kampa ini.

Sementara itu, perwakilan IDBF, Prof. Dr Barlian, MS, mengatakan, Kampar mempunyai Venue Dayung yang sangat luar biasa. Menurutnya, PODSI Kampar hanya perlu melengkapi beberapa hal saja.

"Tempat perlombaannya sangat mendukung, airnya tenang, kita tinggal melengkapi sarana prasarana sesuai standar yang berlaku di Internasional. Cuma lokasi perlombaannya jauh dari penginapan atletnya," jelas Profesor yang telah 30 tahun berpengalaman di dunia Dayung ini.

Selain itu, Prof Barlian, juga mengingatkan, agar PODSI Kampar segera melengkapi sarana penunjang. Sebab, menurutnya tamu yang akan mengikuti event ini adalah atlet internasional.

"Yang harus dilengkapi saat ini, tentunya perahu, kemudian sarana penunjang, seperti air bilas, toilet atau MCK. Karena, teman-teman dari luar negeri, ketika mau berlomba itu jadi penting bagi mereka, bagaimana dia mencuci dan membersihkan badannya. Apalagi kalau tamu-tamu yang agak mentereng perasaannya, dia selalu, setelah turun dari air, itu langsung membilas, ya saat ini sarana itu yang belum ada," terang guru besar di Universitas Negeri Padang ini.

Dilanjutkannya, agar PODSI Kampar segera melengkapi arena penonton. Dirinya memperkirakan, akan banyak penonton yang berdatangan, baik dari lokal maupun internasional.

"Mungkin juga yang diperlukan diperhatikan adalah arena penonton, agar tempatnya segera dipersiapkan, titik-titik mana saja yang menjadi lokasi tempat penontonnya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Prof Barlian sangat takjub dan yakin dengan melihat semangat antusiasme panitia PODSI Kampar untuk menyelenggarakan event internasional ini.

"Sebanyak ini saya pergi ke lokasi, belum pernah saya merasakan seantusias ini panitianya. Semua lengkap, ada ketua KONI nya, Kadis Pariwisata, perwakilan Disporanya. Luar biasa, Saya salut dan yakin PODSI Kampar akan sukses menggelar event ini. Apalagi saya lihat, Dandimnya punya semangat yang sangat luar biasa. Sekarang saya dihadapkan dengan semua stakeholder, makanya saya bilang sangat luas biasa panitianya. Barangkali, saya rasa di Sumatera, saya melihat Kampar ini tempat nya luar biasa, ditambah dengan kekompakan panitia ini sangat mendukung, mudah-mudahan, semangat ini terjaga sampai pelaksanaan event berlangsung," tutupnya.

Tampak hadir di peninjauan venue dayung Kampar di Danau Rusa, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin Hasan, Perwakilan IDBF, Prof. DR. Barlian, MS, Perwakilan Kementerian Pariwisata RI sekaligus konsultan IDBF, Syafri Marja, MS, Kadis Pariwisata Kampar, Zulia Dharma, Ketua KONI Kampar, Ir. Abdul Gafar, MM, Kabid Olahraga Dispora Kampar, M Saleh, dan sejumlah pengurus PODSI Kampar.

Penulis: Fauzi Lalea Saputra

Editor : HomeRiau