Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 16/Tapung Dampingi Penen Lele

Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 16/Tapung Dampingi Penen Lele

Tapung,– Untuk mendukung program Pemerintah tentang ketahanan pangan, Serda Das Apetra Babinsa Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar bersama Kades Kenantan bapak AR Heriyadi SH beserta Perangkat Desa melaksanakan panen ikan lele sistem bioflok di belakang kantor Desa Kenantan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Rabu (13/09/2023).

Budidaya lele system bioflok tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat, dibentuk oleh pemerintah desa setempat dengan menggunakan anggaran dana desa tahun 2022. Bantuan kolam yang diperuntukan bagi warga, tersebar diseluruh dusun di wilayah Desa Kenantan dengan dikelola oleh pemerintah Desa dari tiap dusun.

Babinsa mengatakan, “pembesaran lele dengan sistem bioflok tidak memerlukan lahan yang luas, cukup kolam buatan dari bahan terpal dengan rangka bambu atau besi, kualitas air yang ditingkatkan menggunakan mesin aerator untuk memasok sirkulasi oksigen dalam kolam. Untuk memperoleh hasil budidaya ikan lele yang baik pada kolam bioflok, kunci utamanya terletak pada pengaturan makanan, kondisi air, dan suhu air," kata Babinsa.

Babinsa juga menambahkan bahwa hasil penen yang dilakulan akan dibagikan kepada masyarakat Desa Kenantan karena tujuan bioflok ini untuk menambah gizi bagi masyarakat dan merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Desa Kenantan kepada masyarakat," pungkas Babinsa.

Pada kesempatan yang sama, Kades Kenantan bapak AR Hariyadi SH mengucapkan banyak terimakasih kepada Pak Babinsa, yang selalu aktif memberikan pendampingan saat pengecekan program pemberdayaan masyarakat yaitu pembudidayaan ikan lele, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga," katanya.

 

 

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank