Gelar Upacara 17 An Di Makodim 0313/KPR, Dandim 0313/KPR Bacakan Amanat Panglima TNI

Gelar Upacara 17 An Di Makodim 0313/KPR, Dandim 0313/KPR Bacakan Amanat Panglima TNI

Bangkinang – Komando Distrik Militer 0313/KPR pagi ini menggelar upacara bendera 17 an dan Upacara bendera di ikuti oleh seluruh perwira staf, para Danramil dan anggota Makodim serta personil Koramil jajaran yang di laksanakan di Lapangan upacara Makodim 0313/KPR jalan Jendral Soedirman no 37 Bangkinang, Selasa (17/01/2023).

Upacara bendera 17 an kali ini Dandim 0313/KPR diwakili Danramiil 05/KK, Mayor Inf Indra M. Samosir sebagai Inspektur Upacara dan Kamandan Upacara Pasandi Kodim 0313/KPR, Lettu Inf Suhendri, dan perwira Upacara Pasi Pers Kodim 0313/KPR, Kapten Arh Diding Sukardi dan diikuti seluruh perwira dan anggota Makodim 0313/KPR.

Dalam amanatnya sebagai Inspektur upacara (Irup) Dandim 0313/KPR, diwakili Danramil 05/KK, Mayor Inf Indra M. Samosir, membacakan amanat Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, C.S.F.A, menyampaikan pada kesempatan ini saya sebagai Panglima TNI, saya mengucapkan terima Kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tinggi nya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun bertugas dan berada.

Berbagai tugas seperti pengamanan perbatasan, Pengamanan VVIP KTT G-20, Latihan baik tingkat satuan sampai tingkat strategis multilateral antar negara, Bhakti Sosial dan termasuk penanggulangan Bencana alam serta tugas tugas perbantuan lainnya, telah menjadi bukti nyata pengabdian kita kepada bangsa dan negara. Ungkapnya

Pencapaian ini tentu harus dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun ini, untuk menyambut tugas mulia tersebut, maka kesiapan operasional yang harus dipelihara disamping itu, program peningkatan profesionalisme prajurit dan PNS TNI harus menjadi prioritas di tahun anggaran 2023.

Kita sudah memasuki periode triwulan pertama pada tahun anggaran 2023, mari kita awali semua program yang ada di tahun anggaran 2023 ini dengan efektif dan efesien serta tepat sasaran 

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan, badan pemeriksa keuangan (LK) kementerian pertahanan (Kemenhan) Tahun 2022, telah disajikan secara wajar pada posisi keuangan Kemenhan tanggal 31 Desember 2022, hal ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan pada tahun anggaran 2023.

Dalam Tahun anggaran 2023, kita menghadapi defisit APBN yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebesar 3 %, hal ini merupakan antisipasi dari pemerintah untuk menghadaoi gejolak tantangan ekonomi dunia yang sungguh sangat nyata dan kita dapat lihat dan kita rasakan.

Bapak presiden telah menetapkan untuk belanja negara difokuskan pada yang pertama dan paling penting adalah belanja untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Data Manusia), dan melanjutkan pada penyelesaian proyek strategis nasional (PSN), Infrastuktur untuk mendukung transformasi ekonomi, dan pengembangan ekonomi hijau, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pemerintah juga terus memperluas, memperkuat dan mereformasi jaring pengamanan sosial dengan memperbaiki dan memperbaharui data data kemiskinan masyarakat rentan melalui Survei Register Ekonomi dan Sosial 

Terakhir Panglima TNI menyampaikan Perintah Harian Panglima TNI sebagai pedoman kita :

Pertama. Pengabdian tulus ikhlas dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa, teguh berpedoman pancasila UUD 1945, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Kedua. Sumber daya prajurit TNI agar menjadi prajurit profesional, tangguh, bermoral, berdedikasi dan mempunyai loyalitas tinggi serta bermental Sapta Marga.

Ketiga. Pertajam naluri tempur dan kemampuan dalam pelaksanaan tugas operasi gabungan guna memperkokoh soliditas antar satuan TNI, perkuat sinergitas TNI / Polri serta elemen pemerintah / lembaga lain.

Keempat. TNI harus menjadi pengayom dan membantu kesulitan rakyat, guna memberikan rasa aman dari segala bentuk ancaman.

Kelima. Wujudkan reformasi birokrasi dilingkungan dan kultur organisasi TNI.

Keenam. Tanamkan nilai-nilai keprajuritan serta junjung tinggi Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI dan selalu menjaga netralitas TNI.

Ketujuh. Stop aksi arogan prajurit TNI, tegas namun tetap humanis dan disegani. Tutupnya.

 

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank