Gunakan jalur sungai dan kanal Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar tetap laksanakan patroli karhutla

Gunakan jalur sungai dan kanal Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar tetap laksanakan patroli karhutla

Pelalawan – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran Hutan dan lahan yang sering terjadi pada musim kemarau personel Babinsa Koramil 15/Kuala Kampar Serka humaidi Husen melakukan berbagai langkah antisipasi salah satunya kegiatan patroli bekerjasama dengan pihak perusahaan Rpk dan security perusahaan.

Babinsa Serka Humaidi Husen dan Rpk perusahaan melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di wilayah binaannya bersama pihak perusahaan PT Arara abadi Distrik serapung, Desa Serapung Kec. Kuala Kampar Kab. Pelalawan, Senin (29/05/2023).

“Pelaksanaan Patroli Karhutla di wilayah binaan kali ini dilakukan di daerah yang sulit dijangkau melalui darat sehingga harus ditempuh melalui jalur sungai dan Kanal dengan menggunakan speed boat bersama pihak perusahaan,” kata Serka Humaidi Husen.

Lebih lanjut Babinsa Serka Humaidi Husen juga mengungkapkan bahwa dalam patroli yang ia laksanakan, yakni memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat di pinggiran sungai tentang larangan membakar hutan dan lahan, disiplin penggunaan api serta bahaya Karhutla.

“Tanggapan masyarakat tentang kegiatan ini mereka sangat mengapresiasi, sehingga mendukung pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan di wilayah mereka,” tutur Babinsa.

Secara terpisah Danramil 15/Kuala Kampar Kapten Inf Hendra p. Barus menuturkan “Akhir-akhir ini melalui citra satelit sudah mulai terdeteksi beberapa titik Hot Spot di wilayah walaupun belum sepenuhnya musim kemarau”.

Lebih lanjut Danramil menambahkan, “adanya terdeteksi Hot Spot belum tentu pasti itu titik api sehingga perlu dicek dan koordinasi dengan pihak perusahaan terdekat. Pelaksanaan patroli langsung ke lapangan juga masih sangat dibutuhkan ketika adanya titik api yang baru muncul dan belum terdeteksi satelit sehingga dapat dilakukan pemadaman dini sebelum api membesar, ujar Danramil.

 

Sumber : pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank