H. Murnis Mansyur, Siap Bangun Rohul, Tanpa Beban Sosial Politik Masa Lalu

H. Murnis Mansyur, Siap Bangun Rohul, Tanpa Beban Sosial Politik Masa Lalu

Rokan Hulu-H. Murnis Mansyur SP, anak jati diri Rokan Hulu ( Rohul ) kelahiran Desa Lubuk Bendahara . 14 Oktober 1962, adalah tokoh senior partai Golkar Riau. 

 

Politisi yang sudah malang melintang di jagad politik ini merupakan anak dari pasangan H Mansyur dan Hj Muslimah. Kedua orang tua Murnis ini juga kelahiran Lubuk Bendahara. 

 

Sejak tahun 2002 lalu, suami dari Sisilia Harini itu sudah berkiprah di kepengurusan Partai Golkar Riau diawali dari wakil sekretaris dan wakil ketua tahun 2003. Sebelumnya beliau juga aktif dan menjadi pengurus harian KNPI dan AMPG Riau . 

 

Saat ini di kepengurusan Syamsuar, Murnis juga tercatat sebagai Wakil Ketua DPD Golkar Riau. 

 

Ayah dari 2 putri dan 1 putra yakni. Lisa Kanisha, Agung Prasetyo Kanisha dan 

 

Ayah dari 2 putri dan 1 putra yakni. Lisa Kanisha, Agung Prasetyo Kanisha dan Salsabila Andari Kanisha itu, merupakan seorang pengusaha sukses bidang angkutan dan pengangkutan batu bara. 

 

Murnis bertempat tinggal di jalan Semangka 30-32 Sukajadi Pekanbaru itu, adalah Dirut PT Hamparan Putra mandiri, Dirut PT Karya Siki Nusantara dan Direktur PT Tri Palm International.

 

Pada ajang kontestasi Pilkada Rohul 2020 lalu , nama Murnis sempat masuk orbit dari tiga paslon Bupati yang diusulkan ke DPP partai Golkar. Namun, saat itu Murnis yang berpasangan dengan Alpasirin belum beruntung mendapat Rekom Ketua DPP Golkar. 

 

Pada gelaran Pilkada 2024 ini, sejumlah tokoh, terutama kaum muda "Beringin" kembali mendorongnya untuk maju dalam proses pencalonan. 

 

Menurut para tokoh tersebut, track record Murnis dinilai relatif bersih, tidak memiliki beban sosial politik dan kemasyarakatan di masa lalu.

 

"Figur seperti pak Murnis dinilai tepat untuk memimpin Rohul ke depan, karena memiliki pengalaman mumpuni di politik, juga relatif bersih dari beban sosial politik masa lalu, " kata Halim dan Gofur kader muda Beringin . 

 

Artinya, lanjut mereka, jika Murnis memimpin daerah ini, beliau tidak terkait dengan hutang budi kepada pihak tertentu atau terikat janji masa lalu yang harus diselesaikan saat menjabat atau persoalan lainnya. 

 

Selain itu, Murnis yang berlatar belakang sebagai pengusaha sukses diyakini bisa memaksimalkan potensi daerah dan peluang usaha produktif, tidak hanya terikat kepada anggaran daerah yang sudah ada. 

 

Dalam beberapa kali diskusi dengan kaum muda saat pulang kampung ke Lubuk Bendahara dan Ujung Batu, Murnis sering bercerita tentang pemanfaatan hilirisasi perkebunan sawit. 

 

Murnis menilai pemanfaatan berbagai usaha produk hilirisasi sawit, akan sangat efektif mengatasi tingkat pengangguran yang semakin tinggi tiap tahunnya.

 

Akankah Murnis yang sukses berkarir diluar dan 2024 berniat pulang membangun kampung menjadi Bupati seperti saudara sepupunya Alm H Ramlan Zas akan terwujud ? Semoga.

Editor : YK