Ini Penjelasan Polsek Tambang Terkait Keracunan Masal

Ini Penjelasan Polsek Tambang Terkait Keracunan Masal


Homeriau.com - Keterangan dari Polsek Tambang terkait Kejadian Banyaknya warga yang terkena keracunan makanan diduga pada saat pesta Pernikahan anak Sdr. H.Samsuar di Desa Koto Perambahan Kec.Kampa.

Fakta-fakta
1. Pada hari Minggu 01 Juli 2018 skr pkl 05.00 wib diduga banyaknya warga keracunan makanan di Rt 01 Rw 01 Dusun Perambahan Desa Koto Perambahan Kec.Kampa akibat memakan makanan pada saat Pesta Pernikahan anak sdr.H.Samsuar yang dilaksanakan pada hari Sabtu tgl 30 Juni 2018.

2. Pada hari Minggu tgl 1 Juli 2018 Sekira pkl 05.00 wib sdr.H.samsuar mendatangi Rumah Sdri.Rosnawati selaku  tetangga menanyakan apakah ada Keluarga yang sakit, selanjutnya sdri.Rosnawati mengatakan ada pak anak saya An.Viona mengalami sakit Perut (mencret).

3. Sekira pkl 16.00 wib Sdr.Hampami warga Desa Koto Perambahan Kec.Kampa mengumumkan di Mesjid apabila ada warga yang merasa sakit agar segera dibawa ke Puskesmas Kec.Kampa.

4. Dari keterangan Sdri.Rosnawati selaku orang yang ikut memasak dalam pesta pernikahan anak Sdr.H.Samsuar dirinya beserta yang lainnya memasak masakan yang dimasak untuk kebutuhan pesta pernikahan yakni sbb :

- Rendang Daging
- Capcai Nenas
- Ayam  Kecap
- Gulai Rebung

5. Sedangkan untuk masakan yang dipesan sendiri H.Samsuar yakni Es Tebak dan sate. Sekira pkl 17.00 wib pihak Puskesmas Kec.Kampa beserta Dinas  Kesehatan Kab.Kampar mendatangi rumah H.samsuar untuk mengambil sampel makanan dan memeriksa korban keracunan makanan yang telah datang di Puskesmas Kec.Kampa

6. Akibat dari masyarakat yang diduga terkena keracunan makanan yang hadir  dalam Pesta  Pernikahan anak H.Samsuar rata-rata menderita penyakit Demam, Mual-mual, Muntah-muntah dan sakit perut (mencret).

7. Hingga saat ini korban yang terkena keracunan makanan tersebut saat ini dirawat di RS.Aulia Pekanbaru, RS Awal Bross Panam, RSUD Bangkinang, Puskesmas Kampa Dengan jumlah korban diperkirakan +_ 100 orang.

8. Data terakhir jumlah korban +_ 120 orang dengan rincian sbb :
- Di rawat di RSUD Bangkinang 6 orang
- Di rawat di RS Aulia Panam Pekanbaru 3 orang
- di RS Awal Bross Panam Pekanbaru 3 orang.
- Klinik Bunda Annisa Air Tiris 18 orang
- untuk selebihnya korban Rawat jalan

Analisa
Adanya korban diduga keracunan makanan dikarenakan kebanyakan masyarakat yang hadir pada saat pesta pernikahan anak dari H.Samsuar.

Prediksi
Besar kemungkinan banyaknya masyarakat yang terkena keracunan makanan tersebut menurut informasi yang didapat diakibatkan dari salah satu makanan yang dikonsumsi yakni Sate dan es tebak.

Hal-hal yang telah dilakukan
1. Mendatangi TKP rumah H.Samsuar
2. Mendatangi Puskesmas Kec.Kampa dan Rumah sakit tempat korban dirawat.
3. Meminta keterangan kepada korban dan saksi.
4. Membuat Laporan.

Rekomendasi
1. Perlu kiranya dilakukan penyelidikan terhadap informasi dari masyarakat tentang adanya makanan yang diduga kuat penyebab terjadinya keracunan makanan terhadap masyarakat.

2. Agar Dinas Kesehatan Kab.Kampar sesegera mungkin mengetahui hasil laboratorium terhadap sampel makanan yang diambil dari rumah H.Samsuar.

Sumber : humas polres kampar

Editor : HomeRiau