Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan Terkepung Banjir

Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan Terkepung Banjir

Pelalawan - Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Pelalawan, Riau, saat ini terkepung banjir. Badan jalan nasional itu digenangi air setinggi ,45 cm.

"Sudah terhitung hampir satu bulan terakhir baru berangsur surut dari 130 cm kini air di ketinggian 45 cm. Air yang menggenangi merupakan luapan aliran Sungai Kampar," kata Danrami 03 Bunut,Kodim 0313/Kpr, Kapten Inf M Yusuf, Selasa (30/01/2024).

Danramil 03 Bunut menjelaskan genangan air ini tepatnya terjadi di Km 82 s/d 83sepanjang 1 kilometer. Ada lagi titik lain yang juga tergenang air.

"Namun yang paling panjang genangan air di Km 83 dengan ketinggian mencapai 45 cm sampai sekarang" kata Kapten Inf M Yusuf.

Dengan kondisi jalan nasional tergenang air, kata Danrami 03 Bunut pihaknya sudah membangun posko di lokasi. Tim gabungan TNI - Polri dan Dinas terkait lainnya bekerja selama 24 jam untuk mengatur lalu lintas.

"Tim kita bekerja siang dan malam untuk mengatur kendaraan yang melintas. Ini kita lakukan agar kendaraan tidak salah jalur karena badan jalan tidak kelihatan sama sekali," kata Danramil 

Kondisi jalan yang diterjang banjir ini, kata Danrami 03 Bunut Kapten Inf M Yusuf hanya bisa dilalui kendaraan besar, seperti truk dan bus. Untuk kendaraan jenis sedan atau sejenisnya dialihkan lewat jalur alternatif.

Walau demikian, kata pak Yusuf kadang ada juga pengendara yang memaksakan diri tetap melintas. Akhirnya mobil minibus mogok di tengah jalan sehingga mengakibatkan kemacetan, Tutupnya.

 

 

Editor : Ank