Kajari Kampar Temui Kelompok Tani Usut Dugaan Mafia Pupuk Subsidi Di Salo

Kajari Kampar Temui Kelompok Tani Usut Dugaan Mafia Pupuk Subsidi Di Salo

BANGKINANG - Untuk mengungkap adanya dugaan permainan penyaluran Pupuk subsidi alias Mafia Pupuk Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar terus berupaya mengumpulkan data dan menggali informasi.

Setelah sebelumnya dalam operasi intelijen tim peyelidik Kejari Kampar turun langsung di Kecamatan Bangkinang Kota, Rabu (11/5/2022) tim penyelidik yang langsung dipimpin Kajari Kampar Arif Budiman kembali menemui kelompok tani yang ada di Kecamatan Salo.

"Tim Penyelidik yang dipimpin langsung oleh Kajari Kampar Rabu (11/5) melaksanakan penyelidikan dengan turun langsung mendatangi beberapa kelompok tani yang berada di Kecamatan Salo," sebut Kasi Intel Kejari Kampar Silfanus Rotua Simanullang, Kamis (12/5).

Dijelaskan Silfanus, dari beberapa anggota kelompok tani yang berhasil ditemui tim Penyelidik Kejari Kampar didapati adanya beberapa fakta dan data yang tidak sesuai dengan apa yang ada di dokumen yang dimiliki Penyelidik.

"Disini kita temukan fakta dari dokumen pembelian Pupuk bersubsidi pada tahun 2020 dan 2021, ada dari beberapa anggota kelompok tani tersebut tidak membenarkan atau mengakui dokumen pembelian tersebut. Mereka tidak pernah membeli dan menandatangani dokumen tersebut yang diperlihatkan Penyelidik," ungkap Silfanus.

Selain itu kata Silfanus, dari penelusuran tim Penyelidik ditemukan ada benar nama kelompok tani yang tertera di dokumen pembelian tersebut, namun harga yang mereka beli diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditentukan dan ditandatangani oleh Kadis Pertanian Kabupaten.

"Ada lagi yang kita temukan dilapangan, Pupuk subsidi ini dibeli orang - orang yang namanya tidak tertera di dokumen Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (RDKK). Seharusnya yang berhak menerima Pupuk subsidi tersebut adalah Petani yang namanya sudah ada di RDKK serta disetujui Kementan berdasarkan usulan Dinas Pertanian Kabupaten.," imbuhnya.

Dalam waktu dekat tim Penyelidik Kejari Kampar akan terus melakukan Penyelidikan dengan mendatangi kelompok tani dan memanggil pihak - pihak terkait yang diduga terkibat dalam skandal Mafia Pupuk.

 

Forwaka

 

 

Editor : Ank