Komsos Babinsa Koramil 16/Tapung Ingatkan Peternak Waspadai PMK

Komsos Babinsa Koramil 16/Tapung Ingatkan Peternak Waspadai PMK

Tapung, - Serda Zulkifli Edi Syahputra Pasaribu Babinsa Desa Sibuak Koramil 16/Tapung Kodim 0313/Kampar melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan salah satu peternak sapi di wilayahnya. Kegiatan Komsos dilaksanakan guna mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku yang sedang mewabah saat ini.

Pada kesempatan komsos tersebut Babinsa mensosialisasikan tentang adanya PMK pada ternak yang sedang mewabah. Peternak pun diminta untuk mewaspadai penyakit PMK dan melaporkan kepada petugas terkait apabila ditemukan adanya indikasi PMK bertempat di Desa Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Minggu (11/12/2022).

Menurut keterangan Babinsa dengan adanya wabah PMK saat ini dirinya bersama petugas terkait secara rutin melakukan pengecekan ternak milik warga. Selain itu Babinsa juga memberikan edukasi dan informasi kepada warga pemilik ternak sapi bahwasanya PMK dapat di cegah.

“Kita beri edukasi warga agar selalu menjaga kebersihan kandang, melakukan vaksinasi dan penyemprotan disinsfektan kandang serta mencegah orang untuk berkunjung ke kandang tanpa sterilisasi, karna manusia dan barang bawaannya berpotensi menjadi tempat tinggal virus dan menjadi media penularan, hal tersebut penting dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK,” ucap Babinsa.

Dikatakan Babinsa, komunikasi sosial terhadap warga merupakan kegiatan rutin yang dilakukannya guna mengetahui situasi dan kondisi wilayah. Selain itu dengan terjalinnya komunikasi yang baik akan mempererat hubungan Babinsa dengan masyarakat sebagai salah satu wujud kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kuat," tutup Babinsa.

 

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank