Lahan di Dusun 2 Kasang Salak Rohul Diduga di Bakar, Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Api

Lahan di Dusun 2 Kasang Salak Rohul Diduga di Bakar, Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Api

Rokan Hulu - Tim gabungan terdiri dari TNI POLRI, RPK PT BDB Bintala, RPK PT Andika, dan RPK PT Bintara berupaya memadamkan api di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang di duga sengaja di bakar, Senin (4/4/2022). 

Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 10/ Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Peltu M. Sitepu mengatakan, telah terjadi karhutla di Dusun Dua Kasang Salak Desa Bonai Kecamatan Bonai Darussalam Kanbupaten Rokan Hulu.

Dari siang hingga sampai dengan sore kami melakukan pemadaman api, ini dapat dilihat bersama rekan-rekan kita tim gabungan, kata Peltu M. Sitepu, Selasa (5/4/2022).

Dia menjelaskan, dalam pemadaman karhutla itu, tim gabungan menggunakan alat pemadaman Mini Tohatso I unit, Ministreker 2 unit, Selang Besar 30 gulung dan Selang Kecil 43 gulung. 

Dia menambahkan penyiraman dilakukan di titik-titik api. Namun dengan kondisi yang dilihat sekarang bahwa untuk lokasinya masih banyak terdapat vegetasi rumput-rumput dan ilalang di lahan gambut.

Jadi kami berupaya mencegah adanya titik api lanjutan, baik itu dari angin ataupun bara api dari sisa tanaman dan tanah yang terbakar," katanya.

Dia berharap tidak ada titik api lagi di sekitaran lokasi itu. Dia khawatir jika masih ada titik api tersisa maka akan dapat memicu munculnya kebakaran di lokasi itu.

Dia juga tetap menghimbau warga di sekitar lokasi karhutla dapat bersama-sama tidak melakukan pembakaran hutan maupun lahan. 

Sedangkan untuk luas lahan yang terbakar 1 Hektar. Dia menyatakan kendala yang dihadapi saat ini adalah terkait dengan curah hujan yang sangat rendah dan beberapa titik api tidak dapat dilalui kendaraan bermotor.

Kami telah melakukan pendinginan dan untuk kondisi api saat ini telah padam," tutupnya.

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank