Megahnya Perkantoran Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya

Megahnya Perkantoran Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya

Pekanbaru, Homeriau.com - Masyarakat di Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayan Raya, khususnya yang tinggal di Jalan Badak Ujung patut berbangga dengan Walikota Pekanbaru, Firdaus. Dengan pemikiran yang visiover, Walikota Pekanbaru dua periode ini melakukan pembangunan kawasan Perkantoran Walikota baru ditengah banyaknya keraguan dari masyarakat Pekanbaru.

Jika tidak ada aral melintang, pembangunan yang sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu ini akan segera ditempati dalam tahun ini. Bahkan, pembangunan gedung utama perkantoran walikota ini masih terus dikerjakan agar bisa ditempati sesuai skedule yakni di bulan Juni 2018.

Pembangunan perkantoran, Jalan Badak Ujung yang dulunya bergelombang, saat ini sudah beraspal dan mulus meskipun ada beberapa meter ruas jalan yang masih belum diaspal oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pekanbaru.

Namun, jika dibandingkan dengan awal Firdaus merencanakan kawasan perkantoran diera Kepala Dinas PU, Nasri, Zulkifli, Dedi Gusriadi hingga pejabat PU saat ini (Saad,red), kawasan perkantoran walikota pekanbaru banyak mengalami perubahan dan sangat megah.

Meski kawasan perkantoran masih terlihat gersang karena minimnya pohon, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruangan (PUPR) Kota Pekanbaru akan segera menanam ribuan pohon agar lokasi disekitar perkantoran terlihat hijau dan asri.

Plt Kabid Pertamanan Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edwar Riansyah saat dikonfirmasi membenarkan jika pihaknya telah menurunkan personil untuk segera melakukan penanaman pohon di sekitar kawasan perkantoran.

“Sebenarnya kami sudah menanam bunga dari pintu masuk hingga ke kawasan gedung utama. Bahkan, pohon dengan jenis gaharu pun sudah kami tanam di lokasi agar saat diresmikan, pohon tersebut sudah rindang,” kata pria yang akbar disapa Edu, Senin (29/1/2018).

Ditambahkan Edu, pihaknya belum lama ini bahkan sudah meninjau langsung dengan Dinas Pertanian terkait dengan teknis pohon apa saja yang bakal ditanam di kawasan perkantoran walikota pekanbaru ini.

“Kami belum lama ini kesana dengan Dinas Pertanian. Jadi kami berbagi tugas, pohon apa saja yang bakal ditanam untuk mempercantik kawasan perkantoran sebelum diresmikan,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan tahun ini bangunan gedung utama perkantoran baru bakal segera difungsikan. Bahkan, pembangunan gedung utama yang bakal ditempati Sekretariat Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah diatas 70 persen.

“Sekarang perkantoran baru untuk gedung utama sudah 76,6 persen. Kita prioritaskan gedung utama segera ditempati dipertengahan tahun ini,”kata Firdaus.

Firdaus menyebut, untuk tahun depan memang belum semua gedung yang telah dibangun bisa ditempati.

“Untuk 5 gedung yang lain, kita masih akan tuntaskan. Tapi karena multiyears, tentu akan dilanjutkan dilanjutkan tahun ini,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, Firdaus menyebut setelah gedung sekretariat Pemko Pekanbaru pindah ke Tenayan Raya, maka Gedung Perkantoran di Jalan Sudirman akan difungsikan sebagai Mall Pelayanan bagi masyarakat yang ingin melakukan pengurusan perizinan.
 
“Setelah kantor pindah ke komplek perkantoran Tenayan Raya, maka kantor Walikota ini akan kita jadikan Mall Pelayanan. Hal ini kita lakukan agar masyarakat nyaman, cepat dan akurat saat melakukan pengurusan perizinan,” cakapnya.

Adapun rencana Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan dijadikan satu tempat pelayanan itu antara lain Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Jadi dua OPD ini akan kita tempatkan di kantor Walikota yang lama. Sehingga akan kita jadikan satu tempat. Langkah ini kita lakukan hanya untuk memberikan kepuasan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” pungkasnya.Hr/kim

Editor :