Pemkab Bersama Kapolres Kampar Gelar Rapat Sinergitas Pemilu

Pemkab Bersama Kapolres Kampar Gelar Rapat Sinergitas Pemilu


BANGKINANG KOTA, homeriau.com - Rabu (10/10/2018) pukul 09.00 Wib, di Ruang Rapat lantai 3 Kantor Bupati Kampar digelar rapat sinergitas Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018, dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019.

Rapat sinergitas ini dipimpin Bupati Kampar yang diwakili Kakankesbangpol Drs. Jamilus, didampingi Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MH dan Perwakilan Kajari Kampar Eka Mulya Putra SH. 

Hadir dalam rapat sinergitas ini Ketua KPU Kab. Kampar Yatarullah Sag, SH, M.Hum beserta komisioner, Ketua Bawaslu Kab. Kampar Syawir Abdullah SH beserta Komisioner, Ketua FKUB Kampar H. Zulhermis SH, Ketua NU Kampar Ir. Purwadi, Anggota DPRD Kampar dari Fraksi Golkar Repol Sag, Perwakilan Parpol, Pimpinan Organisasi Pers dan beberapa wartawan Daerah Kampar.

Turut hadir Waka Polres beserta pejabat utama Polres Kampar dan Kapolsek Bangkinang Kota, Perwakilan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Adat Kampar. 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan pembacaan do'a yang dipandu Ketua FKUB Kampar H. Zulhermis SH. 

Selanjutnya Kata Sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Kampar Yatarullah Sag, SH, M.Hum, pada intinya disampaikan tentang pentingnya sinergitas semua pihak untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai serta demokratis. 

Berikutnya sambutan dari Kapolres Kampar, mengawali sambutannya Kapolres menganalogikan pelaksanaan Pemilu seperti sebuah pertandingan olahraga, dimana dalam suatu pertandingan ada pemain, wasit, penonton dan pihak keamanan yang berperan sesuai fungsinya masing-masing.

Kapolres menekankan pentingnya sinergitas untuk mewujudkan Pesta Demokrasi yang aman, lancar dan demokratis, sehubungan hal itu maka kegiatan seperti ini akan digelar setiap bulannya hingga menjelang pemungutan suara pada Pemilu 2019 nanti. 

Selain itu Kapolres berharap agar permasalahan-permasalahan yang terjadi di Lapangan dapat dibahas dalam forum ini, sehingga penyelesaiannya dapat lebih baik dan tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

Untuk media pers, Kapolres berharap dapat berperan dalam meredam isu atau berita hoax yang berpotensi menimbulkan kegaduhan di masyarakat menjelang dan selama tahapan Pemilu ini. 

Sambutan dan penyampaian berikutnya dari Ketua Bawaslu Kampar sdr. Syawir Abdullah SH, yang menyampaikan beberapa potensi permasahan yang mungkin timbul serta upaya yang telah dilakukan untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 nanti. 

Dari perwakilan Kajari sdr. Eka Mulya Putra SH, pada kesempatan ini menyampaikan tentang pelanggaran pemilu serta peran Gakkumdu dalam penanganan tindak pidana Pemilu yang terjadi. 

Berikutnya sambutan dari Kakankesbangpol Kampar Drs. Jamilus yang menyampaikan, bahwa masing-masing lembaga sudah menjalankan tupoksinya sesuai ketentuan demi suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi ini, selain itu semua pihak tetap berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu yang damai dan demokratis.rls

Editor : HomeRiau