Pemkab Kampar Gesa Perkembangan Penanganan Anak Putus dan Tidak Sekolah

Pemkab Kampar Gesa Perkembangan Penanganan Anak Putus dan Tidak Sekolah

KAMPAR - PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M melaksanakan beberapa terobosan utk mengatasi Anak Tidak Sekolah (ATS)/Anak Putus Sekolah (APS). Saat ini Tim Perintis PKBM Rumah Kerlip Beriman yang dibentuk Yayasan Sigsp Kerlip indonesia (YSKI) Kampar telah menandatangani Perjanjian Kerjssama (PKS) dan Nota Kesepakakan Bersama (NKB) disaksikan oleh PJ Bupati Kampar dan Pembina YsKI.

Disdikpora mengalokasikan anggaran khusus bagi rintisan PkBM Rumah Kerlip Beriman di Desa Koto Tuo, Sungai Tarap Balung, Koto Perambahan, Kebun Tinggi, Kota Garo, Sumber Sari, Simalinyang, Kuok, dsn Pasir Sialang. Setiap PKBM menangani sedikitnya 25 ATS/APS di desa masing-mssing dan membantu desa/kelurahan lainnya terdaftar pada Data Pokok Pendidikan Maret 2024. 

Selain PKBM kami juga melaksanakan arahan Pak Bupati untuk membuka SMP Terbuka GIP di 9 Desa di kawasan SM Rimbang Baling Kecamatan Kampar Kiri Hulu untuk 38 ATS/APS yang tinggal di desa-desa tersebut, "ujar Kabid Dikdas Disdikpora Kampar. 

Nandang juga menyampaikan hasil Pemetaan ATS/APS berujung Anugerah Desa Pendidikan Paripurna. Tim Percepatan Desa Pendidikan berhasil menghimpun data terpilah 1.416 ATS/APS usia 7-21 tahun dan 539 ABK. Sebanyak 161 Desa Pendidikan melaporkan data ATS/APS secara langsung maupun melalui penjaringan IBI Kampar sampai 23 Februari 2023.

Surat Keputusan PJ Bupati mengenai Tim Percepatan Desa Pendidikan masih dalam perbaikan. Nandang mendapat amanah dari PLT Kadisdikpora Kampar untuk membentuk 3 pokja

1. Tim Perintis PKBM Rumah Kerlip Beriman oleh YSKI Kampar

2. SMP Terbuka GIP oleh Yayasan GIP Kampar

3. Pendidikan Inklusi di setiap kecamatan oleh Pokja Inklusif. 

Beberapa desa sudah menandatangani perjanjian kerjasama/nota kesepahaman bersama dg YSKI Kampar untuk mendirikan PKBM Rumah Kerlip Beriman. PJ Bupati Kampar dan Pembina YSKI, Yanti Kerlip menandatangani berkas tersebut sebagai saksi.

Pemberian hadiah umroh dari PJ Bupati Kampr kepada Wali Desa Pendidikan Koto Tuo dan Sungai Tarap beserta istri merupakan puncak pertama dalam penanganan ATS/APS di Kabupaten Kampar. Kedua Desa Pendidikan tersebut berhasil memenuhi 10 indikator Desa Pendidikan dengan kategori Paripurna sampai 23 Februari 2023, yakni: 

1. Sudah menerima Sertifikat Desa Pendidikan atas komitmennya melaporkan ATS/ATS dan memurakhirkan data terpilah tersebut; 

2. Memiliki Rencana Penanganan ATS/APS; 

3. Memiliki SK Koordinator Penanganan ATS/APS atau PKBM Rumah Kerlip Beriman;

4. Melengkapi Daftar Tenaga Pendidik;

5. Menyediakan Pustaka Desa untuk PKBM Rumah Kerlip Beriman;

6. Menandatangani PKS/NKB tentang PKBM Rumah Kerlip Beriman dengan Koordinator YSKI Kab Kampar;

7. Mengirimkan perwakilan ATS/APS pada Medium Limpah Kumandang;

8. Memiliki Rencana Tindak Lanjut Medium Limpah Kumandang;

9. Melengkapi persyaratan Dapodik setiap ATS/APS secara bertahap.;

10. Menyediakan alokasi untuk penanganan ATS/APS dari Dana Desa; 

Sebanyak 17 ATS/APS dari Desa Koto Tuo, Koto Perambahan, Sungai Tarap, Kuok, Sumber Sari, Balung, dan Simalinyang bersama 4 pendidik mengikuti Magang Efektif Jadi Pribadi Unik dan Mandiri (Medium) Limpah Kumandang di Desa Koto Mesjid pada 13-15 Februari. 

Sosialisasi Timeline Pendaftaran PKBM Rumah KerliP Beriman oleh Ketua Tim Perintis dilaksanakan GOR Desa Gema pada 12 Maret. Kepala Desa, Sekdes, Koordinator dan pendidik dari Koto Tuo, Sungai Tarap, Koto Perambahan, Sumber Sari, dan Kebun Tinggl mengikuti kegiatan tersebut. Usulan penyelenggaraan MTQ bagi perangkat desa dan CSR untuk mendukung penyelenggaraan kursus di PKBM Rumah Kerlip Beriman akan segera ditindaklanjuti. 

 

Pelatihan Start To Empathy oleh Koordinator YSKI Kampar, Hot Martua Pasaribu dilaksanakan pada hari kedua Festival Subayang di Desa Gema pada 11 Maret 2023. Sebanyak 20 orang Kepala Desa, Sekdes, Koordinator, dan pendidik dari Koto Tuo Sungai Tarap Koto Perambahan Sember Sari, Kebun Tinggl di GOR mengikuti pelatihan tersebut dengan sepenuh hati. Canda tawa kereka menambah kegembiraan belajar dan bermain bersama di Subayang Fest ketujuh. 

Penataan Adminduk yang dilaksanakan Disdukcapil dinisiasi oleh PKBM Rumah Kerlip Beriman Desa Koto Tuo. Seluruh warga desa Koto Tuo yang membutuhkan pun datang berduyun-duyun. Praktik baik ini memikat hati kepala desa lainnya.Adv

Editor : Ank