Peran Aktif Babinsa Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Peran Aktif Babinsa Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Riau,- Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan suatau bencana alam yang kerap Tejadi melanda beberapa wilayah Provinsi di Indonesia khususnya Provinsi Riau , sehingga  Kerap menyebabkan bencana kabut asap yang mengakibatkan pencemaran udara dan Menganggu kesehatan terutama sistem pernapasan manusia.  

Berdasarkan penelitian badan penanggulangan bencana nasional (BPN) di pertengahan juli 2019 Provinsi Riau tercatat sebagai wilayah  terluas yang terkena bencana kebakaran hutan Seluas 27.600 hektare yang melanda di beberapa wilayah di Provinsi Riau.

Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan  melalui program Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia melaksanakan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL), untuk pemulihan lingkungan. KLHK telah menginisiasi berbagai program RHL berbasis pemberdayaan masyarakat melalui  pembangunan kebun bibit desa (KBD) di Provinsi Riau dan Sumatra Barat Sebanyak 37 unit pada tahun 2020 dengan jumlah bibit sebanyak 1.480.000 batang termasuk Salah satunya yang ada di Desa Mukti Sari Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Awal oktober 2020 melalui fasilitas Korem 031/Wb Dan Kodim 0313/Kpr, Desa Muktisari Yang Dibina oleh babinsa Koramil 16/Tapung Sertu M.Anas Rianto Kepada Kelompok Tani KTH Sebar Membuat Kebun Bibit Desa (KBD) Yang Merupakan Usulan Dari KTH Sebar Kepada BPDSHL Indragiri Rokan Untuk Melakukan Pembangunan KBD Di Desa Muktisari Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Riau.

Korem 031/Wirabima Melalui Kodim 0313/Kpr Terus Berupaya Melakukan  Pembinaan Kepada Kelompok Tani Hutan Sebar Melalui Peran Aktif Babinsa Di Lapangan. Sertu M Anas Rianto Selaku Babinsa Desa Muktisari Tak Kenal Lelah Bahu Membahu Mendampingi Kelompok Tani Hutan Sebar Yang Beranggotakan 40 Orang Bersama Instansi Terkait Dan Masyarakat Membangun Kebun Bibit Desa (KBD) Hingga Selesai Sampai Dengan Sekarang Ini Dan Diresmikan Oleh Mentri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Dr.Ir Siti Nurbaya Bakar M.Sc.

Babinsa Koramil 16/Tapung KODIM 0313/KPR Sertu M Anas Rianto Bersama Pihak Desa Dan Kth Sebar Berharap Kbd Ini Nantinya Akan Berkembang Menjadi Unit Pembibitan Mandiri Yang Akan Mampu Menyuplai Kebutuhan Bibit Bagi Masyarakat Serta Mendukung Pelaksanaan Rehabilitasi Hutan Dan Lahan Sebanyak 40.000 Batang Dengan 16 Jenis Macam Bibit Akan Segera Di Distribusikan Dan Di Tanam Di Seluruh Wilayah Desa Muktisari Dan Sekitarnya Yang Perlu Di Rehabilitasi Atau Di Hijaukan Kembali Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Riau.

Sumber : Pendim0313/Kpr

Editor : Ank