Perdana Menjabat Dandim 0313/KPR, Letkol Arh Muliyadi S.I.P Resmikan Kampung Pancasila

Perdana Menjabat Dandim 0313/KPR, Letkol Arh Muliyadi S.I.P Resmikan Kampung Pancasila

Kampar Kiri Hilir - Kodim 0313/KPR meresmikan Kampung Pancasila di lapangan bola Desa Sei Petai, Kecamatan Kampar kiri hilir, Kabupaten Kampar, Jumat (11/3/2022).

Peresmian Kampung Pancasila secara perdana di wilayah teritorial Kodim 0313/KPR ini diawali dengan Upacara peresmian Kampung Pancasila oleh Dandim, Letkol Arh Muliyadi S.I.P sebagai Inspektur upacara.

Dandim 0313/KPR Letkol Arh Muliyadi menjelaskan, pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah Pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman. 

"Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini tak lain tak bukan untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa di wilayah, khususnya di Kecamatan Kampar kiri hilir agar semakin rukun atas keragaman yang ada." jelas Dandim. 

Masyarakat Indonesia yang penuh kemajemukan, baik dari sisi suku, adat dan agama, dinilai Dandim sangat penting untuk dijaga persatuan dan kesatuannya dengan bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham radikal, dan intoleransi dalam kehidupan sosial dan keagamaan.

Pembentukan Kampung Pancasila di Kecamatan Kampar kiri hilir ini sendiri, diakui Dandim akan menjadi role model atau pilot projek bagi seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar

Bahkan, kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di wilayah Provinsi Riau, juga dilakukan secara serentak oleh seluruh satuan jajaran Kodam I/BB, salah satunya Kodim 0313/KPR

"Dengan kegiatan pencanangan serentak seperti ini, diharapkan akan bisa dibudayakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di seluruh desa di wilayah Nusantara," ungkap Dandim. 

Kegiatan peresmian Kampung Pancasila di Desa Sei Petai, Dandim Muliyadi berkesempatan meninjau secara langsung lomba mewarnai bagi anak anak TK yang ada di tempat acara, lebih lanjut Dandim 0313/KPR Letkol Arh Muliyadi S.I.P di dampingi Kades Sei Petai Rian Adli S.I.Kom juga meninjau kantor desa sebagai halaman kampung Digital.

Sumber : Pendim 0313/Kpr

 

 

Editor : Ank