Polres Kampar Gelar Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018

Polres Kampar Gelar Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018


BANGKINANG, homeriau.com - Rabu (24/1/2018) pukul 09.00 wib, di Gedung Serbaguna Polres Kampar dilaksanakan Latihan Pra Operasi Mantap Praja Muara Takus 2018 dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018.

Kegiatan Lat Pra Ops ini dibuka oleh Kabag Ops Kompol Franky Tambunan ST yang mewakili Kapolres Kampar, didampingi Ketua KPUD Kampar Yatarullah S. Ag, SH, M. Hum dan Ketua Panwaslu Kampar Marhaliman SE. 

Peserta Lat Pra Ops terdiri Pejabat Utama Polres Kampar dan seluruh Perwira Polres, Para Kapolsek dan Kanit Polsek Jajaran Polres Kampar serta personel lainnya yang terlibat dalam Operasi dengan jumlah keseluruhan sekitar 200 orang. 

Acara pembukaan Lat Pra Ops ini diawali Laporan Perwira yang ditunjuk, kemudian pembacaan do'a dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, setelah itu pemasangan tanda peserta Lat Pra Ops kepada perwakilan peserta yaitu Ipda Musliono dan Bripda Jhoni Hasibuan oleh Kabag Ops Polres Kampar.

Selanjutnya Kata Sambutan dan arahan dari Kabag Ops yang mewakili Kapolres Kampar, pada kesempatan ini Kabag Ops menyampaikan beberapa hal antara lain ucapan terimakasih kepada Ketua KPUD dan Panwaslu Kampar serta seluruh peserta Lat Pra Ops yang telah berkenan menghadiri kegiatan ini, Kabag Ops juga menyampaikan permohonan maaf dari Kapolres Kampar yang tidak dapat hadir karena sedang mengikuti kegiatan lain diluar daerah.

Kegiatan Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018 di Polres Kampar ini direncanakan selama dua hari mulai tanggal 24 s/d 25 Januari 2018 dengan tema "Melalui Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018 mewujudkan Polri yang Promoter siap mengamankan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018"
 
Operasi Kepolisian dengan sandi Mantap Praja Muara Takus 2018 ini bertujuan untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018.

Semua personil yang terlibat dalam Operasi harus bekerja secara profesional dan mampu menggalang komunikasi yang baik dengan semua stake holders, jalin kemitraan bersama dengan semua elemen masyarakat secara berkesinambungan agar tugas dapat terlaksana dengan baik.

Apabila ada hal-hal yang belum jelas atau dipahami agar ditanyakan langsung kepada narasumber yang memberikan materi dalam Lat Pra Ops ini.

Penyampaian materi oleh Ketua KPU Kab. Kampar Yatarullah, S.Ag, S.H, M.Hum yaitu :

Ucapan terima kasih kepada jajaran Polres Kampar atas waktu dan tempat yang disediakan.

Menyampaikan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2018.

Tahun ini merupakan tahun politik, kita tidak hanya melaksanakan tahapan Pilgubri tetapi sudah memasuki tahapan Pemilu Legislatif. 

Penyampaian materi oleh Ketua Panwaslu Kab. Kampar Sdr Marhaliman, SE yaitu :

Panwaslu Kab. Kampar merupakan lembaga yang bertugas mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada, menerima laporan dugaan pelanggaran, serta melaporkan setiap kegiatan Pilkada kepada Bawaslu Provinsi Riau.

Saat ini tahapan Pilgubri sudah memasuki tahap Penelitian dan Pencocokan Data.

Panwaslu Kab. Kampar juga berkewajiban memberikan pemahaman politik kepada masyarakat serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan tahapan Pilgubri.

Kami mengharapkan sinergitas seluruh elemen baik KPU Kab. Kampar, Polres Kampar serta seluruh masyarakat Kab. Kampar untuk bersama-sama mengawasi tahapan Pilgubri demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2018.

Panwaslu Kab. Kampar akan lebih memperketat pengawasan Pilkada pada tahapan Kampanye yang dikhawatirkan adanya praktek Money Politik oleh salah satu Paslon.

Paparan Kasat Intelkam Polres Kampar AKP Edi Junaidi, SH dengan materi fungsi dan peranan Intelijen dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2018.

Usai penyampaian materi oleh Kasat Intel, kegiatan dihentikan sementara untuk istirahat shalat dan makan siang, pada pukul 13.30 wib dilanjutkan kembali dengan paparan dari Kasat Sabhara Polres Kampar AKP Hermawan tentang sasaran operasi dalam rangka pengamanan Pilgubri dan Wagubri Riau 2018 meliputi orang, barang/benda, tempat atau lokasi serta kegiatan.

Paparan Kabag Ops Polres Kampar Kompol Franky Tambunan ST menyampaikan persiapan Polres Kampar dalam pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 khususnya dalam hal Pola Pengamanan TPS serta kesiapan personil.

Seluruh rangkaian kegiatan Lat Pra Ops Mantap Praja Muara Takus 2018 hari pertama berakhir pukul 14.15 wib dan akan dilanjutkan besok tanggal 25 Januari 2018 dengan kegiatan simulasi, selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.hr/rls hms

 

Editor : HomeRiau