Program Kegiatan OPD Harus Mengacu Kepada Visi Dan Misi Kepala Daerah

Program Kegiatan OPD Harus Mengacu Kepada Visi Dan Misi Kepala Daerah

 

BANGKINANG, homeriau.com - Program dan Kegiatan yang dibuat oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kampar harus mengacu kepada Visi dan Misi Kepala Daerah. Disamping itu program dan kegiatan OPD juga sejalan dengan program prioritas di Provinsi dan Pemerintah Pusat. 


Demikian disampaikan Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH mewakili Bupati Kampar saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2019 dengan agenda Pembahasan Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2019, di ruang rapat lantai III kantor Bupati Kampar,  Rabu (24/1/18).


Rakor ini dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar Ir. H. Azwan, M.Si, Asisten Adm Umum Setdakab Kampar Ir. Nurahmi,  MM,  para Kepala OPD, Camat se-Kabupaten Kampar,  Kabid,  Kasubbag dan Kasubbid di Lingkungan Bappeda Kabupaten Kampar. 


Disampaikan oleh Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto bahwa saat ini aturan atau regulasi terkait perencanaan sudah banyak yang berubah.  Oleh sebab itu setiap OPD harus serius memahami peraturan dan perundangan-undangan tersebut. 


"Pahami peraturan sesuai  tugas dan fungsi masing-masing, buat perencanaan itu sesuai dengan prosedur dan tahapannya,  tidak boleh usulan program kegiatan itu masuk ditengah jalan," ujarnya. 


Diingatkan Wabup bahwa Renja dan Renstra juga harus mengacu kepada program yang telah digariskan Kepala Daerah yang dikenal dengan  3 I (Infrastruktur, Industri dan Investasi). "Yang pasti kerangka berpikir kita harus mengacu kepada program,  visi  dan misi Bupati, " ingat Catur. 


Kemudian Catur mengharapkan perencanaan Tahun 2019 betul-betul mengacu kepada skala prioritas yang korelasinya adalah ketersediaan anggaran atau kemampuan daerah. "Kita ingin bangun jembatan,  jalan, gedung,  SDM dan lain sebagainya,  namun ini tentu harus kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," ujarnya. 


Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir.  H.  Azwan,  MSi menyampaikan bahwa  rapat koordinasi ini penting mengingat ada beberapa peraturan baru yang diterbitkan pemerintah pusat terkait dengan perencanaan ini.  "Kita diminta patuh dengan tahapan dan rangkaian perencanaan sampai dengan penetapan APBD Tahun 2019," ujar Azwan. 


Pada kesempatan tersebut Azwan menyampaikan ekpose tentang Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2019. Tema Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2019,  adalah 'Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi dalam Menjamin Pemerataan dan Mengurangi Kesenjangan Antar Wilayah '.


Azwan dalan ekposnya menjelaskan  mulai dari gambaran umum Kabupaten Kampar, visi RPJPD Kabupaten Kampar Tahun 2005-2025, Visi dan Misi Bupati Kampar Tahun 2017-2022, Kondisi Makro Ekonomi Kabupaten Kampar,  Infrastruktur Jalan,  Jembatan,  hingga tahapan pelaksanaan Musrenbang RKPD 2019.


Dalam ekpos tersebut,  Azwan juga menjelaskan tentang Kemiskinan di Kabupaten Kampar, Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  Kabupaten Kampar,  Isu Strategis Kabupaten Kampar, RPJMD Kabupaten Kampar tahun 2017-2022, Arah Kebijakan Pembangunan Daerah dan rencana Kebutuhan Anggaran TA 2019 berdasarkan Misi Kepala Daerah.


Setelah Kepala Bappeda menyampaikan ekpos tentang Arah Kebijakan dan Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2019, dilanjutkan dengan diskusi.  


Banyak saran, usulan dan pertanyaan yang disampaikan peserta Rakor seperti yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Nurahmi,  Amin Pilda,  Dr.  Aliman Makmur,  M.  Yasir,  Ramlah,   Febri Tridarmawan dan Mulatua.  Semua saran dan usulan tersebut sangat bermanfaat untuk kesempurnaan  sistem Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kampar Tahun 2019.Hr/rls Hms

Editor : HomeRiau