Ratusan Siswa SMAN 3 Siak Hulu Dapatkan Pemahaman tentang Pemilu

Ratusan Siswa SMAN 3 Siak Hulu Dapatkan Pemahaman tentang Pemilu

KAMPAR - Silvana, siswi kelas XII SMA Negeri 3 Siak Hulu tampak begitu antusias mengajukan pertanyaan kepada Komisioner KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto, S.IP, M.Si saat mengikuti kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih Pemilu Tahun 2024, di Lapangan SMAN 3 Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Kamis (21/09/2023).

Silvana bertanya tentang bagaimana seseorang bisa terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024 mendatang. Tidak hanya Silvana, sejumlah siswa/i lainnya dari 670 peserta juga mengajukan pertanyaan serupa seputar Pemilu dan demokrasi di Indonesia.

Di tengah terik mentari pagi yang menyilaukan mata, para siswa/i tetap bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan dalam rangka mencerdaskan calon pemilih pemula ini dari awal sampai akhir. 

Menjawab pertanyaan dari para siswa, Anggota KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto, S.IP, M.Si yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut menjelaskan beberapa hal terkait Pemilu antara lain alur dan prosedur penetapan DPT, portal cekdptonline.kpu.go.id, portal layanan untuk memastikan setiap warga terdaftar atau tidak dalam DPT, serta untuk mengetahui lokasi TPS pada saat mencoblos. 

Disamping pemaparan materi untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepemiluan bagi para siswa/i, Nugroho juga melakukan simulasi alat peraga sosialisasi berupa jenis-jenis surat suara yang akan dicoblos pada Pemilu 2024 mendatang, 18 Partai Politik peserta Pemilu, contoh specimen surat suara, kotak suara, bilik suara, dan denah pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Terakhir dia membagikan tips2 menjadi pemilih cerdas serta menekankan alasan penting bagi setiap warga negara yang sudah berhak memilih untuk tidak golput. 

"Jadi hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa suara adik-adik ini menentukan nasib bangsa ke depan. Jadi tidak boleh ada yang golput. Mari kita datang ke TPS pada Rabu, 14 Februari 2024 untuk menyalurkan hak suara kita," tutup Nugroho yang akrab disapa Nugi. 

Dalam kegiatan tersebut tampak juga hadir Anggota KPU Kabupaten Kampar, Drs. H. Sardalis, Wakil bidang Kurikulum, SMAN 3 Siak Hulu, Ambar Rujito, MPd, 

Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu Kabupaten Kampar, Fitri Andriani, S.Ikom, M.Si anggota PPK dan PPS se-Kecamatan Siak Hulu dan para majelis guru SMAN 3 Siak Hulu.

 

 

Hms

 

 

Editor : Ank