Sinergi Tiga Pilar, Babinsa dampingi Tenaga Kesehatan melaksanakan 3T guna mencegah penyebaran Covid

Sinergi Tiga Pilar, Babinsa dampingi Tenaga Kesehatan melaksanakan 3T guna mencegah penyebaran Covid

Rokan Hulu - Babinsa Koramil 11/Tambusai Kodim 0313/KPR Serma Safwardi mendampingi tenaga kesehatan dan tim dari puskesmas saat melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif virus corona/ Covid-19. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan 3T (Testing, Tracing dan Treatment)." (16/07/2021).

Serma Safwardi menyampaikan, Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 / PPKM Skala Mikro dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona. Selama ini, para bidan kelurahan dan tim dari puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Kecamatan (DKK) Pekalongan Utara untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona.

Untuk warga yang pernah kontak dengan pasien yang meninggal dunia warga Desa Lobuk Soting harus menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif corona atau tidak." Terang nya.

Dari 3 Pilar ini bisa membantu bidan kelurahan dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen. “Yang dilakukan tracing dari bidan kelurahan dan tim dari puskesmas dengan didampingi Bhabinsa serta Bhabinkamtibmas,” ucap Serma Safwardi. 

Anggota Babinsa Koramil 11 ini  mengakui tidak semua warga mau menerima kenyataan telah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona. Sebagian dari mereka bahkan menolak untuk dites swab atau rapid antigen.

“Akan tetapi, berkat pendekatan tracing contact Covid-19 dari Bidan Kelurahan dan tenaga kesehatan bersama tim dari puskesmas serta didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas, warga akhirnya mau mengikuti swab atau rapid antigen.” ucapnya.

Danramil 11/Tambusai Kpt Inf Lilik waktu dikomfirmasi ditempat yang berbeda menambahkan bahwa anggota nya diwajibkan untuk selalu  himbau warga masyarakat agar selalu taati Prokes 5M, serta mengikuti Vaksin gratis di tiap Puskesmas kecamatan Tambusai dan Tambusai Utara.

Sumber : Pendim 0313/Kpr

Editor : Ank